sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Trend Fashion Jepang yang Mendunia

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang cukup berhasil mengembangkan produknya sehingga dikenal oleh dunia. Tidak hanya produk industri, budaya Jepang juga dipelajari di kampus-kampus di berbagai belahan dunia, yang menunjukkan bahwa budaya Jepang diakui oleh dunia. Di era modern ini, generasi muda Jepang terus mengembangkan produk industri dan budayanya agar lebih dikenal lagi, dan tidak kalah bersaing dengan negara tetangga seperti Korea Selatan. Salah satu produk Jepang yang saat ini mendunia adalah produk fashion mereka yang unik dan memiliki ciri khas. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa produk dan trend fashion Jepang yang berhasil mendunia.

Ganguro, Pakaian Anti Kerapian

Segerombolan anak muda Jepang yang bosan melihat penampilan rapi, klimis dan cenderung seragam membuat mereka melakukan pemberontakan kecil dengan memilih tampil dengan acak-acakan, mengenakan wig atau rambut pasangan berwarna menyala dan norak, sementara kulit mereka yang putih dibiarkan terbakar matahari sehingga nampak kecoklatan. Belakangan, gaya berpakaian Ganguro menjadi trend di kalangan anak muda Jepang yang ingin mendobrak gaya berpakaian rapi. Trend fashion Jepang yang satu ini kemudian mendunia, dan ditiru beberapa selebritis papan atas dunia.

Gyaru Style

Gyaru style identik dengan gaya penampilan cewek-cewek cantik Jepang yang mengandalkan item fashion terkesan glamour, namun dipadukan dengan penampilan yang dapat dikatakan berlawanan dengan pakaian yang dikenakannya. Ciri khas Gyaru style adalah rambut yang ditata sesak ke atas atau tinggi, sehingga kesan rapi yang biasanya melekat pada penampilan glamour akan hilang. Berbagai aksesoris yang dikenakan juga cukup mencolok, tidak hanya mengenakan pernik di pakaian, bahkan di rambut maupun di kuku pun biasanya mengenakan berbagai aksesoris tertentu.

Cosplay

Cosplay atau costume play merupakan gaya berpakaian unik yang berasal dari Jepang. Inti gaya berpakaian ini adalah meniru penampilan tokoh atau karakter anime Jepang maupun tokoh superhero. Sebagai negara penghasil film animasi dan kartun, tidak heran jika banyak anak muda Jepang yang ingin berpenampilan dan megenakan busana seperti tokoh anime atau superhero kesukaan mereka. Kini, gaya cosplay sudah menjadi trend fashion dunia.

Harajuku Style

Gebrakan fashion Jepang yang paling mendunia akhir-akhir ini adalah Harajuku Style. Harajuku sebenarnya merupakan nama jalan di Jepang yang sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda Jepang. Ketika nongkrong di jalanan Harajuku itulah, anak-anak muda Jepang memamerkan gaya berbusana mereka masing-masing, yang pada dasarnya merupakan gaya berbusana random, memadukan berbagai jenis item fashion, bahkan memadukan warna-warna yang sebenarnya tidak senada sehingga terkesan tabrak lari. Namun hal inilah yang menjadi keunikan dari Harajuku style. Setiap orang dapat mengekspresikan penampilannya sesuai dengan karakter dan kepribadian mereka masing-masing. Inti dari harajuku style adalah bebas dan berani. Pengaruh Harajuku style ini mampu mendunia, bahkan juga banyak ditiru oleh anak-anak muda di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme