sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Tips Perawatan Kaos Hitam

Salah satu item fashion wajib bagi setiap orang adalah kaos. Pakaian yang sangat simpel dan tidak difasilitasi dengan kancing ini merupakan pakaian yang paling banyak digunakan oleh orang di dunia. Pakaian jenis kaos seakan tidak membatasi berbagai kalangan dan profesi. Semua orang membutuhkan kaos dan mengenakan kaos. Pakaian yang identik untuk dikenakan di momen santai, pakaian dalaman kemeja, dan tidak jarang pula dijadikan pakaian tidur ini kini diproduksi dengan berbagai desain dan corak yang menarik. Salah satu corak kaos yang belakangan ini sangat diminati adalah kaos berwarna hitam, baik hitam yang polos maupun yang didesain dengan berbagai gambar dan tulisan. Meskipun kaos berwarna hitam sangat digemari, namun banyak juga orang yang merasa kesulitan dalam melakukan perawatan, sebab kaos yang berwarna hitam cenderung cepat pudar kemerahan, dan lebih mudah terkena debu atau bulu. Berikut ini adalah tips perawatan kaos hitam agar awet dan terhindar dari kotoran.

Dipisahkan Ketika Dicuci

Banyak orang yang beranggapan bahwa kaos yang sebaiknya dipisah ketika dicuci adalah kaos berwarna putih atau cerah yang berpotensi terkena noda dari pakaian lain jika mencucinya disatukan. Anggapan tersebut memang benar, namun hanya berlaku jika ada jenis pakaian lain yang mudah pudar dalam cucian tersebut. Yang rentan terkena limpahan kotoran dari pakaian lain justru adalah kaos hitam. Kaos berwarna hitam, dan jenis pakaian berwarna dominan hitam lainnya, relatif lebih cepat menyerap kotoran. Hal ini disebabkan karena kaos berwarna hitam memiliki kemampuan menyerap dan menyimpan panas matahari dibandingkan dengan kaos warna lainnya. Jika dimasukkan ke dalam ember berisi pakaian kotor lain, cahaya yang masih tersisa di dalam kaos yang direndam dalam emper cucian tersebut masih tersisa, sehingga berfungsi sebagai magnet yang menyerap kotoran dari pakaian lain.

Oleh sebab itu, sebaiknya pisahkan kaos dan pakaian yang berwarna hitam ketika akan merendamnya di dalam ember cucian atau ketika akan memasukkannya ke dalam mesin cuci. Dengan demikian, setelah dijemur dan kering, tidak akan ditemukan noda berupa lunturan bulu-bulu dari pakaian lain pada kaos atau pakaian hitam tersebut.

Tidak Dijemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sebagaimana disinggung di atas, pakaian hitam memiliki kemampuan menyerap cahaya matahari yang sangat bagus. Jika dijemur di bawah matahari langsung dalam keadaan masih basah sehabis dicuci, maka warna kaos atau pakaian hitam tersebut berpotensi lebih cepat pudar dan berwarna kemerahan.

Sebaiknya, jika ingin menjemur kaos hitam sehabis dicuci, jangan dijemur di bawah cahaya matahari langsung, melainkan cukup diangin-anginkan. Ketika menjemur, usahakan untuk tidak meletakkan kaos atau pakaian hitam di tempat yang mudah terpapar debu, sebab pakaian hitam juga dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap debu dan kotoran kecil seperti bulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme