sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Tips Penting dalam Pemilihan Baju Adat Jawa untuk Pernikahan

Salah satu cara untuk melestarikan warisan budaya berupa pakaian adat adalah mengenakan nya pada acara-acara tertentu. Pemakaian baju adat di Indonesia kebanyakan dipakai dalam upacara adat pernikahan. Masing-masing suku di Indonesia memiliki ciri khas baju adat tersendiri. Salah satu baju adat yang banyak ditemukan dalam upacara pernikahan adalah baju adat Jawa. Banyaknya suku Jawa yang menyebar di berbagai tempat di Indonesia menjadikan baju adatnya pun dikenal luas melalui upacara pernikahan.

Tips Penting dalam Pemilihan Baju Adat Jawa untuk Pernikahan

Pemilihan baju adat Jawa untuk pernikahan bukanlah hal yang terlalu sulit. Meski demikian tetap harus diperhatikan dengan baik. Pernikahan merupakan suatu hal yang bersifat sakral sehingga dalam pemilihan busananya harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Selain semakin menunjang penampilan, pemilihan baju adat yang tepat juga nyaman ketika dipakai. Berikut adalah tips memilih pakaian adat Jawa untuk upacara pernikahan:

  1. Pilih baju yang sesuai dengan model yang diinginkan. Dalam pemilihan model harus disepakati oleh kedua belah pihak calon mempelai. Baju adat memang memiliki ciri khas tertentu sehingga model yang dipilih bisa model klasik atau modern. Dalam hal ini bisa menyesuaikan dengan konsep pernikahan yang telah direncanakan. Apabila ingin menghemat biaya satu hal yang bisa dipilih adalah menyewanya, tetapi bila ingin model yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan lebih berkesan lebih baik membuat baju adat. Pembuatan baju adat untuk pernikahan dapat dilakukan jauh hari dengan jasa desainer.
  2. Pilih warna dan ukuran yang tepat. Dalam pemilihan baju adat untuk pernikahan, pemilihan warna dan ukuran yang tepat adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai salah dalam pemilihan warnanya karena dapat mempengaruhi penampilan. Selain itu ukuran yang tepat juga harus diperhatikan terutama bila baju adat yang akan dipakai menyewa di salon atau tempat lainnya. Dengan pemilihan ukuran yang tepat selain nyaman dikenakan juga akan menambah kesan maksimal. Apalagi pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup yang tidak akan terulang kembali sehingga harus benar-benar dipersiapkan dengan baik.
  3. Sesuaikan hiasan dengan model baju adat. Hiasan yang dimaksud adalah hiasan kepala yang memiliki gaya bermacam-macam. Jadi tidak semua hiasan kepala akan cocok dengan model baju adat yang dipilih. Pemilihan hiasan kepala yang tepat juga akan menunjang penampilan pengantin semakin memukau.

Baca Juga : Model Baju Adat Jawa yang Tidak Mati Tergerus Jaman Hingga Sekarang  

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut maka baju adat Jawa yang dipilih untuk upacara pernikahan benar-benar tepat. Pemilihan baju adat yang tepat akan membuat penampilan lebih percaya diri dan berkesan. Dengan demikian upacara pernikahan yang berlangsung semakin baik dan memberikan kepuasan pada semua pihak. Pemilihan baju adat yang tepat bukan saja membuat pihak mempelai semakin bahagia, tetapi juga para tamu undangannya pun semakin terkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme