sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Tips Merancang Baju Daerah dengan Nuansa Modern

Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari bahasa, lagu daerah, adat, hingga pakaian adat yang melambangkan kekayaan alam dan sejarah suatu daerah. Pakaian daerah atau baju adat misalnya, merupakan identitas yang membedakan antara satu provinsi dengan provinsi lain. Nama baju adat di masing-masing daerah pun berbeda-beda, dengan desain yang berbeda-beda pula. Di era modern ini, upaya untuk melestarikan pakaian daerah semakin digalakkan agar budaya yang sudah mendarah-daging tersebut tidak ditelan oleh waktu. Di sisi lain, banyak kalangan, utamanya desainer, yang mengambil spirit atau ruh dari pakaian daerah dengan memberikan sentuhan dengan nuansa yang lebih modern agar generasi terkini bisa percaya diri mengenakan pakaian daerah dan tetap dapat tampil trendy. Berikut ini adalah beberapa tips merancang baju daerah dengan nuansa modern.

Memanfaatkan Kain Khas Daerah

Salah satu ciri khas pakaian daerah adalah diproduksi dengan kain khas dari daerah tersebut. Misalnya, pakaian khas daerah Medan, banyak memanfaatkan kain ulos yang merupakan kain khas daerah tersebut. Atau misalnya pakaian daerah di beberapa provinsi di Kalimantan yang memanfaatkan kain tenun ikat. Dengan memanfaatkan bahan dasar tersebut, kita dapat merancang baju daerah dengan nuansa yang modern, yaitu hanya memanfatkan kain khas suatu daerah dengan desain pakaian yang lebih modern. Contoh yang paling mutakhir misalnya adalah membuat jaket dari kain batik, rok dari kain ulos, dan kemeja dari kain tenun ikat dengan desain yang lebih modern. Dengan demikian, nuansa modern akan sangat kental terasa meskipun pakaian yang dirancang tersebut didesain dengan model yang modern. Kain khas daerah tertentu memang mampu memberikan kesan etnik yang kuat, yang sulit ditemukan di daerah lainnya.

Mempertahankan Desain, Berinovasi dengan Bahan

Kebalikan dengan tips di atas yang memanfaatkan bahan namun mengolah dengan model desain yang baru, merancang pakaian daerah yang lebih modern dapat juga dilakukan dengan mempertahankan desain, namun berinovasi dengan bahan. Misalnya, mengambil contoh desain kebaya, namun diproduksi dengan bahan yang lebih modern seperti bahan denim yang mengandalkan pewarnaan dengan teknologi printing. Dari segi desain, pakaian tersbut tetap tergolong sebagai kebaya, namun dari segi bahan akan terlihat lebih trendy.

Selain kebaya, masih banyak jenis pakaian daerah yang desainnya dapat dijadikan sebagai kerangka atau contoh dalam memproduksi baju modern dengan berinovasi memanfaatkan berbagai bahan terbaru.

Belakangan ini, kita semakin mudah menemukan baju daerah dengan tampilan yang lebih segar, misalnya kebaya yang didesain lebih panjang dan lebih longgar agar cocok dikenakan oleh para muslimah. Berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh para desainer akan semakin meneguhkan pandangan bahwa pakaian daerah dan kain khas daerah tertentu di Indonesia dapat diangkat derajatnya sehingga digemari oleh generasi muda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme