Tips Memilih Baju Lebaran untuk Keluarga
2017 Jun 07 By admin 0 comment

Idul fitri atau lebaran adalah hari istimewa bagi umat muslim. Untuk menyambut hari yang fitri ini banyak hal yang biasanya dipersiapkan, salah satunya adalah baju lebaran. Dan untuk memilih baju untuk lebaran ini tentunya memilih baju yang berbeda dan istimewa, bagi yang sudah memiliki keluarga tentunya ingin membeli atau membuat busana lebaran yang senada dan serasi (sarimbit).

Ada beberapa alasan kenapa sebuah  keluarga ingin mengenakan busana lebara yang sama, salah satunya adalah dengan alasan busana keluarga yang senada dan serasi tentunya akan mencerminkan kebahagiaan serta keharmonisan keluarga. Apabila mengenakan busana lebaran yang seragam, maka kokempakan serta keakraban keluarga akan terasa.

Baca juga: 4 Trand Model Baju Lebaran Terkini

Busana lebaran yang seragam ini juga akan menambah kehangatan di dalam keluarga dan akan memberi kenangan tersendiri tentang hari raya yang istimewa, bagaimana istimewanya ritual sungkeman, makan bersama, juga bersilaturrahim dengan keluarga besar.

Itulah manfaat serta keunggulan ketika menggunakan busana lebaran keluarga yang seragam dan senada, akan tetapi untuk memilih busana lebaran tidak boleh sembarangan dan tentunya harus sesuai dengan syariat:

Pilih Bahan yang Tepat

Untuk acara lebaran, tentunya ada banyak acara yang harus dilakukan, selain Sholat Idul Fitri, ada acara sungkeman, makan bersama, juga bersilaturrahmi dengan tetangga dan saudara dari pagi hingga sore hari. Oleh karena itu, diperlukan bahan yang tepat untuk busana lebaran agar nyaman digunakan selama seharian penuh. Pilih bahan yang lembut dan menyerap keringat, kemudian tidak terlalu tipis sehingga nyaman ketika dikenakan. Jangan sampai suasana idul fitri jadi terganggu karena baju lebaran terbuat dari bahan yang salah.

Pilih Desain yang Tepat

Idul fitri adalah hari yang istimewa, maka desain busana lebaran yang akan digunakan untuk keluarga pun harus tepat dan tidak boleh sembarangan. Untuk wanita bisa memilih desain berupa gamis yang nyaman, sedangkan desain untuk pria bisa menggunakan kemeja. Apabila ingin desain terlihat beda, bisa pilih desain yang saat ini sedang tren. Oleh karena itu, untuk mendapatkan desain yang cocok bisa mencari referensi di majalah atau di internet.  

Pilih Warna yang Tepat

Selain menentukan bahan serta desain, yang tak kalah penting adalah mmeilih warna busana yang akan digunakan bersama di saat Idul Fitri. Warna yang cocok untuk idul fitri adalah warna putih, akan tetapi jika takut cepat kotor, bisa dipilih warna lainnya yang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Dalam pemilihan bahan, desain, serta warna, yang tak boleh dilupakan adalah mendiskusikan hal-hal tersebut dengan seluruh anggota keluarga dikarenakan baju lebaran ini akan digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Pilih yang memang cocok dan nyaman untuk semua keluarga, jangan sampai memaksakan kehendak diri karena baju yang baik adalah yang membuat nyaman dan membuat perasaan menjadi bahagia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *