sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Tips Membuat Cosplay Unik untuk Pemula

Memiliki penampilan seperti superhero di televisi mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang menyenangkan. Saking terobsesinya untuk meniru penampilan superhero idolanya, tidak jarang ada orang yang membuat cosplay atau costume play pakaian yang mirip dengan superhero. Merupakan sebuah kebanggaan dan kesenangan sendiri dapat memerankan dan meniru karakter idola di televisi, baik tokoh dan karakter anime, manga, film, atau bahkan game. Membuat cosplay dapat dijadikan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang. Berikut ini akan dibahas mengenai tips-tips yang harus diperhatikan agar dapat membuat cosplay unik bagi pemula yang masih bingung untuk memulai membuat karakter cosplay yang diidolakan atau digemari.

Membuat Cosplay Sendiri

Sebenarnya, sisi keunikan berpenampilan ala karakter superhero adalah ketika kita bisa membuat sendiri kostum sebagaimana yang dikenakan oleh idola kita. Walaupun seandainya kostum tersebut dapat dibeli dengan mudah di toko, namun kepuasannya tidak akan pernah sama dengan ketika membuat cosplay sendiri. langkah awal untuk membuat cosplay unik sendiri adalah dengan memperhatikan secara detail tokoh superhero yang ingin kita contoh.

Perhatikan secara detail lekukan kostumnya, misalnya bagian yang terbuat dari bahan keras dan bagian mana yang terbuat dari bahan lunak seperti kain biasa. Biasanya, bagian yang keras terletak di bagian siku, pundak, dan lutut, tidak jarang juga di bagian selangkangan. Selain bahan, perhatikan pula detail warna pada pakaian superhero tersebut. Misalnya pakaian superhero terdiri dari kombinasi tiga warna, maka buatlah prakiraan tentang kain yang kira-kira akan terpakai. Dengan demikian, jika kita sudah membeli kain sesuai dengan warna yang dibutuhkan, maka tidak ada kain yang akan terbuang sia-sia atau tidak terpakai.

Membuat Bagian Kostum yang Keras

Mencari kain atau bahan lunak untuk membuat cosplay mungkin mudah dilakukan. Bagian yang sulit adalah mencari bahan yang keras, terutama untuk melindungi bagian persendian. Umumnya, kostum superhero memang dibuat kaku di bagian persendiannya sebagai pelindung tulang kering.

Untuk bagian yang kaku atau keras, kita dapat memenfaatkan kertas karton yang dilapisi dengan kain kasa dan kemudian disetrika, sebagaimana bahan yang biasa digunakan untuk membuat kerah kemeja di penjahit. Bedanya, buatlah bagian tersebut lebih tebal, misalnya dengan menumpuk dua lapis kertas karton agar bisa terlihat lebih kaku.

Membawa Gambar ke Penjahit

Langkah selanjutnya adalah merangkai semua bahan yang sudah dipersiapkan tersebut menjadi sebuah kostum layaknya kostum superhero yang ingin ditiru. Bagian inilah yang sebenarnya paling sulit. Jika kita tidak memiliki keterampilan menjahit sendiri, sebaiknya datanglah ke penjahit dengan membawa gambar superhero yang ingin ditiru. Penjahit yang terampil biasanya akan selalu punya cara untuk merancang sebuah pakaian, termasuk pula kostum superhero. Itulah cara yang paling mudah untuk membuat cosplay unik bagi pemula.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme