Tips Membelikan Tas Terbaru untuk Anak Sekolah
2017 Jan 12 By admin 0 comment

Setiap menjelang tahun ajaran baru, orang tua akan disibukkan untuk mencari perlengkapan terbaru untuk menunjang kegiatan sekolah anak, mulai dari sepatu, tas, buku, hingga seragam. Para orang tua cenderung akan memilihkan yang terbaik untuk anaknya, apalagi dalam urusan seolah anak, orang tua umumnya akan membelikan fasilitas dan perlengkapan sekolah yang dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar. Jika dalam membelikan buku, sepatu dan pakaian anak orang tua cenderung tidak menemui kendala dan masalah, dalam memilihkan tas yang pas untuk anak, orang tua seringkali harus berpindah dari satu toko ke toko lain untuk mencari tas sebagaimana permintaan si anak. Dalam memilih tas, orang tua memang cenderung mengikuti kemauan si anak, terutama dari segi model dan gambar. Anak-anak memang lebih menyukai tas dengan warna dan gambar yang menarik, misalnya gambar tokoh kartun yang mereka sukai. Demi memenuhi permintaan si anak, orang tua seringkali mengabaikan faktor-faktor lain yang sebenarnya cukup berbahaya jika tidak diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips membelikan tas terbaru untuk anak sekolah.

  • Menyesuaikan dengan Ukuran Badan si Anak

Ketika anak sudah cocok dengan gambar atau warna tas pilihannya, orang tua biasanya tidak akan berpikir panjang lagi dan langsung membelikan tas pilihan anaknya tersebut, tidak peduli dengan ukuran tas yang dipilih. Padahal, menyesuaikan ukuran tas dengan ukuran badan si anak harus menjadi pertimbangan orang tua dalam memilihkan tas terbaik untuk anaknya. Jika tas yang dipilih terlalu besar, maka daya tampungnya pun akan lebih banyak dan lebih berat. Memakai tas yang besar dan berat akan berbahaya bagi perkembangan tubuh si anak. Memikul beban yang terlalu berat bisa berpotensi menghambat anak untuk tumbuh lebih tinggi. Selain itu, bahu si anak akan mudah keseleo dan badannya akan lebih mudah capek. Oleh karena itu, memilih tas terbaru yang sesuai dengan ukuran badan si anak sangat dianjurkan.

  • Bahan yang Tidak Mudah Sobek

Anak-anak cenderung akan meletakkan apa saja di dalam tasnya, entah itu buku, alat-alat tulis, bahkan benda tajam seperti rautan pensil dan silet. Selain itu, anak-anak biasanya akan meletakkan tasnya di sembarang tempat, bahkan seringkali membanting tasnya sehabis pulang sekolah. Jika bahan tas yang dipilihkan untuk si anak tidak kuat atau mudah sobek, maka dikhawatirkan barang-barang si anak akan mudah jatuh.

  • Tas yang Memiliki Banyak Ruangan

Anak-anak harus dibiasakan meletakkan barang pada tempatnya. Salah satu cara melatih anak untuk meletakkan sesuatu pada tempatnya adalah dengan membelikan tas terbaru yang memiliki banyak ruangan. Ajarilah si anak untuk meletakkan barang-barang miliknya sesuai dengan tempatnya, misalnya buku harus ditaruh di ruangan buku, pensil harus di taruh di bagian tas ruangan khusus pensil, dan seterusnya. Dengan demikian, fungsi tas bukan hanya sebagai tempat untuk membawa peralatan sekolah, melainkan juga sebagai media pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *