Tips Memadukan Baju Daerah Agar Khas dan Berbeda
2017 Aug 11 By admin 0 comment

Memakai pakaian adat atau pakaian daerah merupakan salah satu pilihan bahkan seakan menjadi sebuah kewajiban ketika menghadiri sebuah momen formal tertentu. Misalnya, ketika ingin menghadiri rapat atau acara seremonial kenegaraan atau kedaerahan, maka memakai pakaian daerah akan sangat disarankan. Dengan memakai pakaian adat daerah, akan muncul semangat untuk memajukan daerah tersebut dan melestarikan budaya khas daerah yang mungkin sudah mulai dilupakan. Namun masalahnya, memilih pakaian daerah yang tepat ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pakaian daerah umumnya memiliki pakem, mulai dari corak, model, hingga warnanya, sehingga dalam sebuah momen akan wajar ditemukan ibu-ibu memakai pakaian yang hampir sama. Hal tersebut sebenarnya ingin dihindari, terutama oleh ibu-ibu. Tampil dengan pakaian yang khas dan berbeda tentu diinginkan oleh sebagian besar orang, namun cengan catatan  tetap memakai pakaian daerah. Berikut ini adalah tips memadukan baju daerah untuk momen formal agar penampilan menjadi khas dan berbeda.

Sesuaikan dengan Warna Kulit

Ketika memilih sebuah baju daerah tertentu untuk dikenakan pada acara formal, disarankan untuk memilih baju yang sesuai dengan warna kulit, agar penampilan menjadi pas dan menarik. Pemilihan warna pakaian yang sesuai akan membuat kulit tampak lebih cerah. Sebaliknya, memilih pakaian adat yang warnanya tidak sesuai dengan warna kulit akan membuat kulit terlihat kusam.

Mengandalkan Item Fashion atau Aksesoris Tambahan

Sebagaimana disinggung di atas, memakai baju adat di momen formal akan berpotensi sama atau mirip dengan pakaian yang dikenakan orang lain. Oleh sebab itu, memakai aksesoris tambahan sangat disarankan agar menjadi aksen pembeda dalam penampilan Anda. Misalnya ketika memakai kebaya, bisa menambahkannya dengan selendang dengan corak yang khas dan unik yang berbeda dengan yang lainnya, atau bisa juga memadukannya dengan jarik yang coraknya khas yang tidak pasaran.

Menyesuaikan dengan Postur Tubuh

Baju atau pakaian adat akan terlihat berbeda, tergantung siapa yang memakainya. Oleh sebab itu, ukuran pakaian akan sangat mempengaruhi kesesuaian seseorang ketika mengenakan pakaian adat. Misalnya, untuk ibu-ibu dengan tubuh gemuk, disarankan tidak mengenakan kebaya atau jenis pakaian adat lainnya yang desainnya ketat, melainkan memilih pakaian yang bisa jatuh di badan. Memakai pakaian adat yang longgar juga disarankan. Sementara untuk perempuan mungil atau perempuan bertubuh pendek, memadukan pakaian adat dengan ukuran yang pas dan jatuh di badan akan lebih maksimal jika dipadukan dengan jarik atau rok pendek selutut atau di atas lutut, agar ukuran kaki bisa terkesan atau terlihat lebih jenjang dan tinggi. Memilih pakaian dengan kerah terbuka atau V-neck juga disarankan bagi perempuan bertubuh mungil.

Itulah beberapa tips cara memadukan baju daerah agar khas dan berbeda. Carilah rujukan dengan melihat foto-foto pakaian daerah di internet untuk memperoleh gambaran tentang item fashion yang cocok disandingkan dengan pakaian daerah tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *