sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Tips Berbusana Cosplay Unik yang Murah

Cosplay atau costume play merupakan seni memakai kostum atau berbagai aksesori yang mempresentasikan berbagai karakter tertentu, terutama karakter animasi Jepang yang memang digandrungi oleh anak muda di berbagai belahan dunia. Cosplay anime Jepang memang mendominasi berbagai pertunjukan dan pagelaran cosplay, namun tidak menutup kemungkinan banyak sekali penggemar cosplay atau yang lebih dikenal dengan sebutan cosplayer memilih memperagakan karakter kartun atau film superhero Hollywood. Karakter cosplay bisa bermacam-macam, tergantung orang yang memakainya, sepanjang kostum yang dipilih memiliki keunikan. Bagi para cosplayer, salah satu tantangan paling sulit dalam memilih pakaian bukan ketersediaan model pakaian tertentu, melainkan pada budget atau dana. Dana membuat sebuah kostum cosplay memang cukup besar, apalagi jika memburu kemiripan dengan yang aslinya. Berikut ini akan diulas tentang tips berbusana cosplay unik yang murah dan mudah.

Baca juga: Baju Unik Trend Terkini yang Laris Diburu Wanita Modern

Menjahit Kostum Sendiri, Tidak Beli Jadi

Membeli jadi sebuah kostum tentu membutuhkan beaya yang tidak murah. Salah satu alternatif untuk menghemat beaya adalah dengan menjahit kostum sendiri. Caranya, siapkanlah kain atau bahan dengan warna yang sesuai dengan kostum anime atau karakter yang sudah ditentukan. Datangilah penjahit terdekat dan mintalah tolong untuk menjahitkan kostum sebagaimana yang diinginkan. Tunjukkanlah gambar karakter yang menggunakan kostum tersebut agar si penjahit memiliki pandangan tentang bagaimana pakaian yang harus dijahitnya. Jika perlu, jelaskan dengan detail bagian-bagian yang harus didesain dengan model tertentu, agar hasilnya bisa mirip dengan kostum yang original.

Membandingkan Presentase Kemiripan

Jika membuat kostum sendiri masih dirasa belum terlalu memuaskan karena kemiripannya kurang atau kita merasa tidak percaya diri ketika menggunakannya, kita bisa mendesain cosplay unik dengan melakukan berbagai improvement di beberapa bagian. Carilah bagian yang dianggap belum mirip dengan aslinya. Jangan segan untuk meminta pendapat teman tentang presentase kemiripan kostum kita dengan tokoh asli yang kita perankan. Jika kemiripannya masih di bawah 70%, sebaiknya kita mendesain ulang kostum kita, dengan mengandalkan budget yang minim, kita sudah mendapatkan pengalaman tentang bagian yang belum mirip. Namun jika kemiripannya sudah di atas 70%, kita hanya cukup melakukan peningkatan di beberapa bagian.

Tips Make-up Wajah

Membuat kostum cosplay yang mirip mungkin mudah, bagian tersulit justru merias wajah semirip mungkin dengan karakter yang kita perankan, apalagi jika kulit kita berbeda warnanya dengan karakter tersebut. Cara paling bijak adalah memilih karakter yang postur dan kulitnya sama dengan kita. Namun jika sudah terlanjur suka dengan karakter tertentu, maka kita harus mengandalkan make-up secara total. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, kita sebenarnya bisa mengandalkan make-up murah untuk bisa membuat sebuah keutuhan cosplay unik. Mintalah teman yang sudah paham dengan cosplay untuk merias wajah kita. Atau kita bisa melakukannya sendiri dengan berlatih terus-menerus hingga menemukan kemiripan paling maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme