sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Rahasia Produsen Pakaian Menciptakan Trend Fashion

Dunia fashion merupakan bidang yang perkembangannya sangat pesat dan terus berubah-ubah setiap waktu. Hampir di setiap masa atau periode tertentu, selalu terdapat trend di bidang fashion yang digemari oleh masyarakat. Trend-trend yang baru muncul akan menggeser trend yang sebelumnya sangat dominan. Tidak jarang pula, sebuah trend yang semula dianggap sudah habis didaur ulang dengan nuansa baru sehingga kembali digemari. Sebagian besar trend fashion yang muncul, ternyata sudah direncanakan dan dikonsep dengan matang oleh produsen pakaian atau desainer kenamaan. Namun tidak jarang pula, sebuah trend terjadi secara alamiah tanpa direncanakan. Berikut ini adalah beberapa rahasia produsen pakaian dalam menciptakan trend dalam bidang fashion yang kemudian booming dan digemari oleh masyarakat.

Baca juga: Trend Fashion Tahun 90-an

Promosi yang Gencar

Salah satu cara untuk memperkenalkan sebuah item fashion agar menjadi trend adalah dengan melakukan promosi yang gencar. Tidak jarang, produsen pakaian atau desainer kenamaan melakukan promosi dari berbagai sisi, mulai dari memanfaatkan media televisi, koran, majalah mode dan majalah populer, dan berbagai media lainnya. Promosi tersebut tidak hanya dilakukan dengan mengiklankan produk fashionnya, melainkan juga disertai dengan ulasan dan komentar-komentar yang bombastis mengenai fashion atau gaya baru tersebut, sehingga tidak heran jika kemudian produk tersebut menjadi trend fashion, sebab promosi yang gencar akan melekat di benak masyarakat sehingga tertarik untuk membeli atau menggunakan produk fashion tersebut.

Menyelenggarakan Fashion Show Tematik

Untuk memperkenalkan sebuah trend atau gaya terbaru, cara yang paling banyak ditempuh oleh desainer, produsen fashion, atau rumah mode adalah dengan menyelenggaralan fashion show dengan tema-tema tertentu. Misalnya untuk memperkenalkan fashion musim dingin, maka mereka akan menyelenggarakan fashion show. Ketika fashion show, akan banyak media yang meliput, sehingga liputan dari berbagai media tersebut akan memblow-up fashion terbaru tersebut sehingga lebih dikenal oleh publik. Tanpa peran media, sebuah produk fashion tidak akan dapat dikenal secara luas oleh masyarakat.

Endorsment Selebritis atau Tokoh

Cara paling cepat untuk membuat sebuah fashion menjadi booming adalah dengan memanfaatkan endorsment selebritis atau tokoh. Seringkali, tokoh-tokoh yang sedang populer akan diikuti kebiasaannya oleh masyarakat, terutama dari segi gaya berbusana. Apa yang dikenakan oleh seorang selebritis yang memiliki banyak penggemar, akan serta-merta diikuti atau ditiru oleh para penggemarnya. Oleh sebab itu, mengandalkan jasa endorsment dari selebritis yang sedang ngetrend merupakan cara paling instan untuk memperkenalkan sebuah produk fashion.

Itulah beberapa rahasia atau trik yang dijalankan oleh produsen pakaian atau desainer untuk memperkenalkan produk fashionnya sehingga menjadi trend fashion. Tidak jarang, brand-brand fashion ternama bahkan merela mengucurkan dana yang cukup besar demi memperkenalkan produk terbarunya agar bisa booming. Jika produk fashionnya booming, keuntungan yang mereka peroleh akan berlipat-lipat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme