Ragam Gaya Fashion Jepang
2017 Jul 20 By admin 0 comment

Ketika mendengar gaya fashion Jepang, pasti yang terlintas pertama kali adalah Harajuku Style yang identik dengan gaya eksperimental dan saling tabrak warna. Padahal, di Jepang sendiri, ada beragam gaya lainnya yang bisa diadaptasi dan dijadikan referensi. Berikut ini adalah ragam gaya fashion di Jepang yang perlu diketahui:

  1. Ganguro dan Gyaru Style

Ganguro adalah gaya fashion street Jepang yang memiliki ciri khas tabrak warna dengan warna kulit penggunanya yang berwarna kecoklatan. Gaya ini menjadi gambaran sebagai bentuk pemberontakan anak muda Jepang dengan membuat gaya yang berkebalikan dari gaya anak baik-baik. Jika gaya anak baik-baik di Jepang digambarkan dengan pakaian rapi dan kulit putih. Maka Ganguro style mencokelatkan kulit dan bergaya sembarang dan tidak rapi. Sedangkan untuk Gyaru Style, memiliki gaya glamour dengan rambut disasak tinggi serta pernik fashion detail hingga kuku. Gaya Ganguro dan Gyaru style ini selalu berdampingan.

  1. Harajuku Style

Gaya ini adalah gaya street fashion yang paling populer dan dikenal hingga ke seluruh dunia. Ciri khas dari gaya harajuku ini adalah tabrak warna yang lebih berani jika dibandingkan dengan Gyaru dan Ganguro style. Fashion Jepang Harajuku ini lebih ekstrim karena emadupadankan beragam item fashion yang saling bertolak belakang atau random, misal memadukan sweater dengan rok tutu, atau hotpants dengan legging kulit macan, dan lain sebagainya.

  1. Cosplay

Sejak puluhan tahun lalu, Jepang memang dikenal dengan animenya. Hal ini juga memacu anak-anak muda Jepang untuk berpenampilan seperti karakter anime kesukaan mereka, baik itu dari sisi kostum, tata rambut, hingga make up. Oleh karena itu melihat Sailormoon, Kamen Rider, atau Ultraman di jalanan Jepang merupakan hal yang biasa. Gaya cosplay ini juga bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia pada acara atau event-event yang berhubungan dengan manga dan anime.

  1. Visual Kei

Gaya Visual Kei ini adalah penampilan para cowok Jepang yang menggunakan make up serta berdandan cantik seperti perempuan. Ini merupakan perpaduan gaya band rock Jepang dengan gaya penyanyi barat. Gaya ini lebih menitikberatkan tampilan visual lewat dandanan kostum dan tata rambut.

  1. Gothic dan Lolita

Anak muda Jepang yang memiliki sifat eksperimental juga memiliki gaya fashion yang menggabungkan gaya manis Lolita dengan gaya Gothic yang cenderung gelap.

  1. Shibuya Style

Shibuya adalah salah satu sudut kota yang ada di Jepang, yang selama ini lebih dikenal sebagai surga belanja. Di tempat ini banyak anak muda yang menggunakan boots serta coat meskipun tidak sedang musim dingin. Dan ciri khas tabrak warna tetap melekat erat pada gaya ini.

Itulah beragam gaya fashion Jepang yang bisa dijadikan referensi dalam hal berbusana, akan tetapi untuk mengadaptasi gaya fashion khas Jepang tentunya harus mampu dan berani tampil percaya diri karena gaya fashion dari Jepang cenderung eksperimental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *