sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Produk Fashion Indonesia yang Berhasil Go International

Indonesia dikenal sebagai negara produsen fashion yang posisinya sangat penting dala peta perdagangan dunia. Banyak sekali brand-brand fashion terkemuka dunia yang membuka cabang di Indonesia bahkan mengolah produknya di Indonesia. Banyak sekali pabrik-pabrik tekstil dan industri fashion asal Indonesia yang menjadi pemasok utama bahan mentah atau bahan setengah jadi dari produk fashion terkemuka di dunia. Secara kolektif, Indonesia memang memiliki andil besar dalam kesinambungan produk fashion dunia. Namun sebenarnya, yang tidak banyak diketahui masyarakat luas, terdapat beberapa produk fashion Indonesia yang berhasil go international atau diakui dunia, sebab memiliki keunikan atau kualitasnya terjamin. Berikut ini adalah beberapa produk fashion Indonesia yang berhasil mendunia.

Djelantik

Bagi penggemar fashion, nama Ni Luh Djelantik mungkin sudah tidak asing lagi. Dengan brand Djelantik yang dimiliki dan didirikannya, Ni Luh Djelantik berhasil membawa produk sandal dan sepatu wanita priduksinya mendunia. Djelantik kini menjadi salah satu brand yang cukup diperhitungkan di kancah internasional. Meskipun brand Djelantik cukup asing bagi sebagian besar orang Indonesia, namun beberapa selebritis ternama dunia sudah menggunakan produk alas kaki wanita asal Bali ini. Djelantik yang mulai digagas sejak tahun 2003 ini mulai mendunia dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Major Minor

Major Minor merupakan brand pakaian yang cukup dikenal oleh para penggemar fashion. Namun kebanyakan penggemar fashion mengira bahwa produk yang satu ini merupakan produk luar negeri. Padahal Major Minor merupakan brand fashion Indonesia asli, yang dibangun oleh sepasang suami Istri yaitu Ari dan Sari Saputra, dengan dibantu oleh dua desainer yaitu Inneker Margaretha dan Ambar Pratiwi. Dalam kurun waktu dua tahun sejak didirikan pada tahun 2011 silam, produk Major Minor sudah berhasil menembus pasar fashion Inggris.

Cotton Ink

Brand fashion asal Indonesia lainnya yang sering dikira merupakan brand luar negeri adalah Cotton Ink. Padahal, brand yang satu ini digagas oleh Carlin Darjanto dan Ria Sarwono yang merupakan orang Indonesia. Brand yang merilis produk fashion berupa kaos, legging, syal, dan beragam aksesoris ini memiliki pangsa pasar anak muda. Di kancah nasional, brand yang satu ini telah memperoleh penghargaan, di antaranya adalah The Most Innovative Brand di ajang Jakarta Fashion Week. Juga memperoleh penghargaan sebagai Best Local Brand dari Free Magazine. Berbagai penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa keberadaan brand yang satu ini mampu mengangkat nama Indonesia di kancah internasional.

Itulah beberapa brand Indonesia di bidang fashion yang mampu go internasional dan mengharumkan nama Indonesia. Banyaknya brand Indonesia yang mulai diakui dunia merupakan bukti bahwa fashion Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang cukup besar asalkan dikelola dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme