sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Pilihan Corak Kaos untuk Balita dan Anak

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian atasan yang sangat diminati oleh masyarakat. Bentuk kaos yang sangat simpel, yaitu tanpa lipatan leher dan kancing, membuat kaos gampang untuk dikenakan. Kaos dapat digunakan di momen-momen santai dan kegiatan sehari-hari yang sifatnya non-formal. Pilihan model kaos pun beragam, ada yang model lengan panjang, ada pula yang model lengan pendek. Untuk model lingkar leher pun bermacam-macam, mulai dari yang V-neck, melingkar, dan beberapa perkembangan model kaos lainnya. Kaos juga cocok digunakan oleh orang berbagai usia, mulai dari orang tua hingga anak-anak, bahkan balita sekali pun. Bagi orang tua memakaikan kaos ke anaknya merupakan pilihan yang banyak ditempuh agar si anak tidak merasa gerah dan nyaman dalam beraktifitas. Namun sayangnya, banyak corak atau gambar kaos yang dijual di pasaran ternyata tidak mendidik dan tidak bagus bagi mental anak. Berikut ini adalah beberapa pilihan corak kaos untuk balita dan anak-anak.

Tokoh Kartun atau Televisi yang Tepat

Tidak dapat dipungkiri, corak kaos anak-anak yang paling diminati adalah kaos dengan gambar berbagai tokoh kartun yang digemari anak-anak, mulai dari kartun binatang hingga superhero. Bahkan tidak jarang pula kaos anak yang bercorak artis-artis sinetron. Para orang tua hendaknya bijak dalam memilihkan kaos untuk anak-anaknya. Memilihkan kaos dengan gambar atau corak yang tidak tepat akan mempengaruhi perkembangan mental mereka. Anak-anak cenderung meniru kelakuan tokoh-tokoh kartun atau superhero yang ditontonnya. Dan ketika mereka mengenakan kaos dengan corak tokoh kartun tertentu, mereka cenderung akan meniru tingkah tokoh kartun yang terpampang di kaos yang dikenakannya, sebab mereka mengandaikan bahwa dirinya adalah tokoh kartun tersebut.

Contohnya, jika anak memakai kaos bercorak tokoh superhero Batman, maka anak-anak akan cenderung meniru gaya terbang. Hal tersebut tentu berbahaya bagi anak jika imajinasi mereka membayangkan bahwa mereka bisa terbang. Atau misalnya anak-anak memakai kaos dengan gambar macan, mereka cenderung mengandaikan bahwa mereka adalah pelari yang cepat seperti macan. Oleh sebab itu, orang tua mesti hati-hati dalam memilihkan corak atau gambar kaos bagi anak-anak.

Perhatikan Jenis Kelamin pada Gambar Kaos

Perhatikan pula jenis kelamin atau kecenderungan tokoh kartun yang coraknya dipilih sebagai gambar kaos anak-anak. Untuk anak perempuan, misalnya, disarankan dipilihkan gambar tokoh kartun yang feminim, misalnya barbie atau binatang seperti panda. Biasanya, orang tua cenderung memilihkan kaos anak berdasarkan warnanya. Misalnya tidak peduli apapun gambar pada kaos tersebut, jika kaos itu berwarna merah muda, maka akan dianggap cocok bagi anak perempuannya. Padahal, selain warna, gambar juga menentukan kencederungan pada jenis kelamin tertentu.

Agar aman, sebaiknya pilihlah corak kaos yang berisi tulisan berupa nasihat, misanya “aku sayang papa mama”, “aku anak sholeh”, dan tulisan yang positif lainnya. Hal tersebut akan berpengaruh positif bagi perkembangan mental anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme