sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Penyebab Ketombe yang Perlu Kamu Ketahui

Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Memiliki rambut yang sehat, indah, dan berkilau merupakan impian setiap wanita. Banyak cara wanita tempuh agar memiliki rambut yang indah dan sehat, misalnya dengan perawatan rutin ke salon atau menggunakan vitamin rambut. Perawatan rambut seperti inilah sebagai salah satu cara mencegah ketombe datang. Namun, bagi kamu yang memiliki budget yang tidak banyak, alias tidak ingin ke salon, kamu cukup lihat disini untuk mengetahui cara-cara menghilangkan ketombe tanpa ke salon.

Masalah rambut yang satu ini terkadang memang bikin keki. Apalagi, kalau bukan ketombe. Kamu yang senang dengan outfit hitam atau gelap akan tidak percaya diri bukan jika tahu-tahu ketombe sudah berjatuhan sampai ke baju di bahu?  Sebenernya, tahukah kamu apa ketombe itu dan bagaimana dia datang dan apa saja si penyebab ketombe. Jika kamu belum tahu, kami akan memberikan ulasan secara ringkas ke kamu. Yuk, simak penjelasan di bawah ini. Jika kamu sudah tahu juga tak masalah kok membaca hal ini kan.

Ketombe adalah pengelupasan berlebihan yang terjadi pada kulit kepala. Sebenarnya, pengelupasan kulit kepala itu wajar terjadi, tetapi jika pengelupasan dalam jumlah banyak, kamu perlu menghilangkannya. Gelaja ketombe sangat mudah untuk dikenali. Serpihan berwarna putih yang terkadang berminyak dan dapat terlihat dengan jelas saat menempel pada rambut atau ketika berjatuhan ke bahu. Ketombe ini akan diikuti dengan rasa gatal di kepala yang jika sudah parah akan menyebabkan kepala disertai panas.

 

Penyebab Ketombe

Tahukah kamu jika tubuh secara alami akan merontokkan sel kulit mati dan akan membetuk sel kulit yang baru? Ketombe berasal dari sel kulit mati yang tumbuh terlalu cepat. Penyebab percepatan matinya sel kulit inilah yang perlu kajian lebih lanjut lagi. Namun, ada beberapa kemungkinan, salah satunya adalah karena kulit kepala sangatlah berminyak.

Selain itu, hal lain yang dapat menyebabkan ketombe adalah penggunaan produk perawatan rambut yang berlebihan. Rambut yang terlalu sering terkena zat-zat kimia dari produk perawatan rambut akan dapat membuat kulit menjadi mati. Tidak hanya faktor dari luar, faktor dari salam juga dapat memicu tumbuhnya ketombe. Kamu yang terlalu stres juga akan memicu munculnya ketombe. Bagi kamu yang jarang mencuci rambut atau keramas, kamu juga berisiko memiliki ketombe.

Meski ketombe merupakan hal yang seringkali terjadi. Penanggulangan ketombe sepertinya hal yang sangat ditunggu di dunia kesehatan rambut. Sayangnya, ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa tidak ada obat yang benar-benar dapat menghilangkan ketombe.

Walau begitu, ketombe janganlah diabaikan karena akan menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang, akan dapat menyebabkan kebotakan.

Hal yang dapat kamu lakukan agar dapat mencegah timbulnya ketombe adalah dengan tetap menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Teraturlah dalam mencuci rambut. Janganlah malas untuk hal tersebut. Dianjurkan kamu mencuci rambut dalam selang waktu dua hari sekali atau setidaknya tiga kali dalam seminggu. Bagi kamu yang menggunakan hijab, kamu juga perlu melakukan hal yang sama, yakni dengan rutin mencuci rambut.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai ketombe. Ternyata banyak hal ya yang bisa jadi penyebab ketombe itu. Upaya pencegahan tentunya dengan rajin menjaga kesehatan rambut dan rajin-rajinlah mencuci rambut dan memberikan rambut kamu vitamin.

Updated: October 14, 2018 — 12:41 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme