sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Pentas Musik Multigenre

Musik memang bagian tak terpisahkan dari Indonesia. Buktinya, Indonesia selalu punya pentas musik berkualitas yang hadir untuk memuaskan dahaga para penikmatnya. Selain pentas musik yang khusus untuk genre tertentu, seperti Java Jazz, ada juga pentas musik yang tampil dengan konsep multigenre, seperti Synchronize Fest. Artinya, acara musiknya tidak hanya didominasi genre tertentu saja, tetapi juga menghadirkan musisi dari genre-genre lain.

Pentas musik multigenre ini banyak dinikmati oleh para penggila musik. Di Indonesia, ada sedikitnya tiga pentas musik multigenre yang selalu ramai oleh pengunjung. Apa saja tiga pentas musik multigenre itu?

 

Synchronize Fest

Synchronize Fest merupakan festival musik multigenre tahunan berskala nasional yang banyak dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. Festival musik ini hadir selama tiga hari tiga malam dengan suguhan 100-an pertunjukan terkurasi dari artis-artis terfavorit dan terbaik tanah air yang datang dari dekade  ’70-an, ’80-an, ’90-an, hingga 2000-an.

kumparan.com

 

Tahun ini, Synchronize Fest hadir dengan tajuk Synchronize Fest 2018 Bukalapak dan mengusung tagline “It’s not just a festival, it’s a movement”. Festival musik ini diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo & Demajors pada 5—7 Oktober di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Seperti telah diulas sebelumnya, seluruh genre musik populer akan tampil di Synchronize Fest 2018 Bukalapak, mulai dari genre pop, R&B, rock & roll, blues, folk, jazz, punk, heavy metal, hiphop, reggae, ska, atau sub-genre hardcore, metalcore, death metal, grindcore, industrial rock, new wave, indie pop, alternative rock/grunge, bossa nova, komedi, hingga dangdut pun turut meramaikan panggung Synchronize Fest.

Ada banyak musisi, baik pendatang maupun legendaris Indonesia, yang akan memeriahkan Synchronize Fest 2018 Bukalapak. Mereka adalah Adhitia Sofyan, Barasuara, Burgerkill, Clubeighties, Danilla, Dewa 19, Dipha Barus, Endah N Rhesa, Endank Soekamti, Fiersa Besari, Fourtwnty, Godbless, Iwa K, Jamrud, Kunto Aji, Mocaa, Naif, Pure Saturday, Padi Reborn, Payung Teduh, Project Pop, Ran, Rhoma Irama, Ras Muhamad, Shaggydog, Superman Is Dead, Sheila On 7, Sisitipsi, Hivi, dan masih banyak lagi.

 

We The Fest

We The Fest adalah festival musik, seni, fashion, dan kuliner yang diadakan rutin di Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh Ismaya Live. Genre musik yang dihadirkan dalam We The Fest sangat beragam, mulai dari pop, rock, EDM, hip hop, hingga folk.

hardrockfm.com

 

Pentas musik ini hadir pada tengah tahun. Pada 2018, We The Fest telah berhasil diselenggarakan pada 20—22 Juli di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Selain musisi ternama dari Indonesia, banyak juga penyanyi dari luar negeri yang turut meramaikan panggung We The Fest.

Mereka adalah Lorde, James Bay, Odesza, Alt-J, Nick Murphy Fka Chet Faker, The Neighbourhood, Albert Hammond Jr, Barasuara, Efek Rumah Kaca, GAC, Honne, Louis The Child, Majid Jordan, Maliq & D’essentials, Medasin, Moon Boots, Padi Reborn, Petit Biscuit, Sg Lewis, What So Not, White Shoes & The Couple’s Company, Nayaka And The Blue Room Boys, Abenk Alter, Aydra Feat. Prince Husein, Bam Mastro, Diskoria, Fun On A Weekend X Emotion All Stars, Kimokal, Mantra Vutura, Mooner, Neonomora, Patricia Schuldtz Feat. Bayu Risa, Pijar, Polka Wars, Rayssa Dynta, Semenjana, Seringai, Softanimal, Teza Sumendra, dan W Feat. Mc Drwe.

 

Soundrenaline

Soundrenaline hadir sebagai pelopor festival musik dalam negeri yang menyajikan panggung musik multigenre. Acara musik ini sangat dinantikan oleh penikmat musik, khususnya ketika penghujung tahun. Sajian musik lintas genre dengan tata panggung yang mewah menjadi daya pikat utama pentas musik yang satu ini.

warningmagz.com

 

Soundrenaline telah ada sejak 2002 dan selalu mengusung tema yang berbeda dari tahun ke tahun. Barisan musisi kenamaan, baik lokal maupun internasional, hadir memeriahkan panggung Soundrenaline.

Tahun ini, Soundrenaline hadir dengan tema “The Soul of Expression” dan telah berhasil diselenggarakan di GWK Bali, 8—9 September 2018. Beberapa musisi dalam negeri dan luar negeri yang memeriahkan Soundrenaline 2018 adalah Barasuara, Burgerkill, Danilla, Dipha Barus, Efek Rumah Kaca, Endank Soekamti, Fourtwnty, Jogja Hip Hop Foundation, Limp Bizkit, Maliq & D’essentials, Mocca, Pee Wee Gaskins, Shaggydog, Sheila On 7, Sisitipsi, The Red Jumpsuit Apparatus, Tony Q Rastafara, Zee Avi, dan masih banyak lagi.

Selain tiga di atas, tentu masih banyak pentas musik multigenre di Indonesia yang tidak kalah keren. Bagaimana? Siapkah kamu ikut berteriak menyanyikan lagu metal, menangis menyanyikan lagu pop mellow, dan ikut menari dengan diiringi lagu dangdut yang hadir dalam satu panggung?

Siapkan stamina kamu!

 

Updated: October 10, 2018 — 11:22 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme