Panduan Memilih Tas Terbaru untuk Anak Sekolah
2017 Mar 16 By admin 0 comment

Tas merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh anak sekolah. Tas berfungsi untuk menampung semua perlengkapan yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar seperti buku panduan, buku tulis, bolpen, dan peralatan lainnya yang keberadaannya sangat penting. Saat ini, banyak sekali tas sekolah yang diproduksi dengan berbagai model dan corak untuk menarik perhatian anak sekolah sehingga lebih semangat dalam belajar. Namun, sayangnya tidak semua tas sekolah cocok digunakan oleh anak-anak, terutama oleh anak yang berusia di bawah sepuluh tahun. Memakai tas yang salah justru bisa berbahaya bagi anak. Untuk menghindari hal-hal negatif dalam pemakaian tas sekolah, berikut ini adalah panduan memilih tas terbaru untuk anak yang cocok digunakan ketika pergi ke sekolah.

baca juga:Panduan Memilih Tas Terbaru untuk Anak Sekolah

Menyesuaikan Ukuran dengan Badan Anak

Banyak sekali orang tua yang memilihkan tas terbaru untuk anaknya hanya dengan mempertimbangkan dari segi model dan gambar yang disukai anak. Namun para orang tua seringkali lalai mempertimbangkan memilih tas yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Hal ini tentu berbahaya. Sebab pada umumnya, sebuah tas diproduksi disesuaikan dengan kategori umur. Tidak setiap tas cocok digunakan semua usia. Usahakan memilih tas yang ukurannya tidak lebih besar dari lebar atau ukuran punggung si anak. Yang paling aman, pilihlah tas sekolah yang besarnya tidak lebih lebar dari punggung anak. Dengan demikian, kapasitas tas akan sesuai dengan badan si anak.

Jangan Pilih Tas dengan Panjang di Bawah Pinggang

Selain ukuran, bobot atau berat tas juga harus menjadi perhatian orang tua. Jangan bebani anak dengan muatan tas yang berlebihan. Memakai tas dengan berat yang berlebihan selain dapat membuat tas mudah rusak juga akan mengganggu tumbuh kembang si anak. Terus-menerus memakai tas yang berat akan membuat anak sulit tinggi. Sebaiknya, orang tua tidak memiolih tas yang panjangnya di bawah pinggang. Pilihlah tas yang panjangnya di atas pantat agar si anak tidak merasa berat ketika membawa tas tersebut.

Memilih Tas dengan Dua Tali Bahu

Tas dengan dua tali bahu merupakan pilihan yang bijak. Jika memilih tas dengan hanya satu tali bahu atau tas samping, anak akan lebih mudah capek dan bahkan menderita ngilu bahu sebab isi atau berat tas tersebut hanya membebani satu sisi bahu saja. Sebaliknya dengan memakai tas dengan dua tali bahu, beban atau bobot tas tersebut akan terbagi rata di dua sisi bahu. Selain faktor keamanan dan kenyamanan, memakai tas dengan dua tali bahu jauh lebih sehat.

Itulah beberapa panduan bagi orang tua dalam memilih tas terbaru untuk anak sekolah. Orang tua hendaknya jangan mudah tergoda dengan model tas yang unik dan lucu. Kenyamanan anak merupakan hal utama yang harus diperhatikan agar tas yang dipilihkan untuk si anak tidak membahayakan dan menghambat tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *