Model Baju Terbaru Kebaya Lengan Pendek
2017 Feb 21 By admin 0 comment

Model baju terbaru saat ini menjadi perhatian berbagai kalangan, salah satunya adalah kebaya. Kebaya merupakan warisan budaya yang saat ini diminati tidak hanya oleh orang tua saja, namun tidak sedikit anak muda yang bangga menggunakan kebaya.

Awalnya, kebaya dianggap pakaian tradisional yang ketinggalan jaman dan terlihat kuno. Sekarang, kebaya hadir menjadi trand yang digemari. Banyak para desainer yang melakukan inovasi model baju terbaru kebaya sehingga diminati oleh kalangan anak muda.

Sejarah Perkembangan Kebaya

Kebaya merupakan busana wanita tradisional bangsa Indonesia yang terbuat dari kain tenun tipis. Kebaya sudah ada sejak abad ke-15, awalnya digunakan oleh wanita kalangan kerjaaan dan bangsawan. Bentuk kebaya mengalami perubahan setelah islam masuk, yaitu pada abad ke-19. Awalnya kebaya lengannya pndek kemudian menjadi lengan panjang ditambah tunik, mirip seperti baju kurung.

Pada waktu penjajahan Belanda, kebaya mengalami perubahan menggunakan hiasan beludru, ornament denan benang emas dsb. Pergeseran terjadi saat penjajahan Jepang, kebaya menjadi pakaian khas para tahanan wanita sehingga banyak wanita yang tidak mau mengenakan kebaya.

Setelah Indonesia merdeka, kebaya kembali disukai oleh berbagai kalangan. Bahkan pakaian ini menjadi pakaian khas para ibu pejabat. Seiring dengan perkembangan jaman dan perkembangan fashion kebaya mengalami berbagai perkembangan.

Perkembangan Kebaya Saat ini

Salah satu contoh yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah kebaya lengan pendek. Awalnya kebaya hanya memiliki satu model yaitu kebaya lengan panjang. Seiring perkembangan fashion, sekarang kebaya hadir dengan model lengan pendek yang memberikan kesan lebih casual dan modern.

Walaupun sudah diadaptasi lebih modern, tidak meninggalkan unsur keindahan, kemegahan dan keanggunan wanita yang menggunakannya. Kelebihan kebaya lengan pendek adalah mudah diadaptasi dengan bawahan apapun.

Bahan yang digunakan tidak berbeda jauh dengan kebaya lengan panjang yaitu bagian dalam kebaya menggunakan kain yang halus atau disebut furing. Sedangkan bagian luarnya menggunakan bahan yang tipis dan transparan. Biasanya diberi tambahan hiasan bordir yang membuat aksen lebih mewah.

Ada bagian lengan kebaya yang menggunakan furing, namun ada juga yang tidak menggunakan furing. Jika Anda menyukai menggunakan kebaya yang sederhana, bisa pilih kebaya yang tidak terlalu banyak hiasan brokat atau payetnya.

Panjang kebaya lengan pendek biasanya dibuat sampai pinggang, bisa diadaptasi dengan model bawahan apapun. misalnya: dipadukan dengan rok pendek, rok balon, rik model ruffle bahkan kebaya lengan pendek bisa dipadukan dengan bawahan celana. Namun ada juga model kebaya yang panjangnya melebihi pinggang, umumnya digunakan untuk acara-acara formal.

Sekarang, menggunakan kebaya tidak harus melulu menggunakan bawahan kain batik atau kain tradisional lainnya. Model baju terbaru kebaya masa kini cocok dikombinasikan dengan beragam model celana maupun rok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *