sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Model Baju Adat Jawa yang Tidak Mati Tergerus Jaman Hingga Sekarang  

Membicarakan masalah fashion itu sangat kompleks sekali, bukan hanya dari perkembangan pakaian saat ini tetapi juga menyangkut baju tradisional yang masih eksis. Jangan salah, Indonesia bukan saja kaya akan sumber alamnya tetapi juga kebudayaan yang ada didalamnya. Hal itu terlihat dari banyaknya suku dan budaya yang ada pada negara ini. Misalnya saja mengenai baju adat jawa yang sampai saat ini masih banyak yang eksis bahkan dapat dikatakan semakin populer seiring perkembangan fashion dalam negeri maupun luar negeri.

Model Baju Adat Jawa yang Tidak Mati Tergerus Jaman Hingga Sekarang   

Jawa adalah satu wilayah yang ada pada negara Indonesia, menyimpan suku serta mempunyai ciri khas yang berbeda dengan wilayah lainnya. Jika berbicara mengenai baju adat yang dimilikinya pasti akan banyak sekali. Nah, berikut ini ada beberapa diantaranya yang semakin eksis tidak tergerus perkembangan fashion yaitu:

Kebaya.

Yang pertama datang dari pakaian yang paling umum digunakan oleh para perempuan pada jaman dahulu yaitu kebaya. Dahulu pakaian tersebut belum mempunyai model yang terlalu banyak, walaupun begitu tetap bisa dikatakan paling modis di jamannya. Seiring perkembangan fashion ternyata hal itu semakin banyak inovasi, bahkan para designer ternama mengkombinasikan dengan berbagai bahan untuk membuat kebaya yang sangat cantik dan menarik sesuai jamannya.

Baca Juga : Kenali Baju Adat Jawa Tengah Sesuai dengan Upacara Adatnya

Basahan.

Baju adat pernikahan masyarakat jawa ini masih eksis sampai sekarang, hal itu terlihat dari banyaknya pengantin yang menggunakan adat basahan dalam acaranya. Tren tersebut dari jaman dahulu sampai sekarang ini ternyata tidak berubah. Walaupun tetap ada inovasi atau tambahan dari penggunaan baju adat jawa tersebut, namun tidak merubah keasliannya.

Batik.

Sebagai orang Indonesia asli pastinya Anda juga mempunyai baju batik setidaknya satu model dalam lemari. Batik sendiri pada jaman dahulu hanya digunakan sebagai kain yang melilit tubuh masyarakat dalam pakaian ataupun bawahan. Namun saat ini batik semakin eksis bahkan banyak sekali model baru yang muncul dari inovasi dan perkembangan fashion, itu terjadi bukan hanya di Indonesia tetapi juga luar negeri.

Beskap.

Untuk pria pada acara-acara adat pasti masih menggunakan beskap sebagai busana wajib, walaupun pada dasarnya bisa diganti dengan jas tetapi masih banyak masyarakat yang memilih menggunakan pakaian adat tersebut. Saat ini memang ada perkembangan dari model, motif atau bahan yang digunakan dalam beskap.

 

4 jenis busana diatas bisa menjadi wakil dari banyaknya pakaian adat dari wilayah Jawa yang masih eksis sampai saat ini. Sebagai salah satu warga negara Indonesia seharusnya Anda bangga dan ikut serta menjaga kebudayaan sampai saat ini, walaupun hanya dengan menggunakan baju adat jawa saat beberapa acara. Bagi Anda yang masih kebingungan dalam berbusana ketika pernikahan, kondangan ataupun lainnya bisa menjadikan beberapa referensi diatas sebagai tren pakaian dahulu yang eksis sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme