sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Menjaga Warna Rambut Agar Tahan Lama

Anda suka mewarnai rambut? Jangan hanya sebatas mengaplikasikan cat rambut untuk mendapatkan tampilan terkini saja, tetapi wajib hukumnya untuk menguasai juga cara merawat rambut yag diwarnai agar warna rambut bertahan lama. Selain itu, perawatan rambut yang tepat dapat menjauhkan rambut dari kondisi rambut kering dan ujung rambut yang bercabang. Demi memiliki warna rambut yang diidamkan, perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Hindari Cara Keramas yang Kurang Efektif

Musuh terburuk rambut yang diwarnai adalah air. Bahan kimia dalam pewarna rambut membuat rambut lebih rentan terhadap efek air. Tetapi hal tersebut bukan berarti anda harus menghindari mencuci rambut. Cukup hindari pembilasan yang terlalu berlebihan. Setelah mengaplikasikan shampoo dan conditioner, jangan miringkan kepala ke belakang dan biarkan air hanya melalui bagian atas rambut selama beberapa menit.

  • Kurangi Kebiasaan Membilas rambut dengan Air Panas

Air panas dapat mengangkat lapisan kutikula luar. Hal ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari warna rambut yang memudar. Semakin tinggi suhu air yang digunakan, maka semakin cepat kembali ke warna rambut semula. Oleh karena itu, sesuaikan suhu air saat mencuci rambut, dengan menggunakan air suam-suam kuku atau air dingin saat membilas.

  • Ingat Fungsi Kondisioner

Terkadang kondisioner tidak digunakan dengan alasan menghemat waktu. Padahal rambut yang diberi cat rambut cenderung lebih kering dan rapuh, sehingga memerlukan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Ini membantu menciptakan pelindung, yang dapat mencegah warna rambut cepat memudar.

  • Memilih Kondisoner yang Tepat

Pastikan untuk mengoleskan kondisioner ke seluruh bagian rambut, hingga rambut-rambut halus. Terutama pada ujung rambut, bagian terpanjang dari rambut yang berisiko mengalami kerusakan paling besar. Anda juga dapat memanfaatkan leave-in conditioner untuk menambahkan kelembapan pada rambut.

Baca juga: Tips Kecantikan Rambut, Bulu Mata, dan Alis

  • Cara Mengeringkan Rambut yang Benar

Mengeringkan rambut secara alami memang merupakan cara terbaik. Tapi menggosoknya terlalu keras dapat memudarkan warna rambut dan membuat ujung rambut terlihat kering. Sebaiknya, tekan-tekan rambut dengan handuk secara perlahan dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.

  • Penggunaan Blow Dryer

Rambut yang diberi pewarna rambut lebih rentan terhadap panas. Untuk menjaga warna rambut tetap terlihat cantik dan menawan, batasi penggunaan blow dryer dan alat-alat lainnya yang menggunakan panas, seperti curling atau flat iron.

  • Jangan Lupa Mengaplikasikan Serum Rambut

Mendapatkan gaya rambut yang diinginkan terkadang harus melibatkan alat-alat penata rambut, seperti blow dryer, flat iron, dan curling iron. Untuk menjaga warna rambut agar tetap tahan lama, bubuhkan serum rambut yang dapat melindungi perpindahan panas, dari alat-alat tersebut ke rambut. Dengan begitu, rambut yang diwarnai akan bertahan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme