sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Menilik Beberapa Ciri Khas Fashion Indonesia untuk Wanita

Jika berbicara mengenai trend fashion memang tak ada habisnya, mengingat setiap negara memiliki ciri khas tampilan mereka masing-masing kemudian berusaha menularkannya ke negara-negara lain. Adanya arus globalisasilah yang menyebabkan budaya kian berubah. Namun tak perlu khawatir karena meskipun banyak diantara anak muda yang sudah mulai terbawa arus fashion luar negeri, namun masih banyak juga yang tetap mengaplikasikan fashion Indonesia, meskipun tidak terlalu banyak. Paling tidak bisa tetap melestarikan budaya Indonesia.

Fashion ini sendiri sebenarnya merupakan salah satu hal yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Wanita Indonesia dikenal tak hanya ramah dan senang tersenyum saja, melainkan juga berpenampilan secara sederhana namun terlihat tetap menarik. Diantara beberapa ciri khas dari busana Indonesia sendiri adalah:

Baca juga: Produk Fashion Indonesia yang Berhasil Go International

  1. Selalu mengenakan rok, celana bukan ciri khas busana yang dipakai oleh kaum hawa, sejak zaman dahulu hingga sekarang rok adalah satu-satunya model busana yang dikenakan oleh wanita. Anda bisa melihat sendiri di keraton-keraton yang masih memegang teguh adat.
  2. Tampil dengan menggunakan kebaya, untuk atasan sendiri kebaya adalah jenis busana wajib yang harus dimiliki, bahkan ia menjadi busana yang selalu dipakai untuk peringatan atau hari-hari penting, seperti diantaranya adalah moment pernikahan hingga kelulusan bagi wanita.
  3. Dengan motif yang cantik, seperti kain batik, jenis kain yang sudah sangat mendunia. Juga menjadi ciri khas fashion Indonesia di mata negara-negara yang lainnya, motif batik ini tak hanya sekedar gambar saja, melainkan juga ada makna tersendiri di dalamnya.

Nyatanya jika berbicara mengenai kian khas Indonesia, memang tak hanya batik saja yang sudah mendunia, melainkan juga ada:

  1. Songket, ia merupakan kain khas yang terbuat dari benang dengan nuansa warna mewah seperti diantaranya adalah emas dan juga perak. Kain ini tak hanya dipakai untuk acara-acara adat saja, melainkan sekarang sudah bisa dijumpai sebagai jenis kain yang banyak diaplikasikan kedalam beberapa model pakaian. Bahkan juga banyak dijual hingga ke luar negeri.
  2. Ulos, merupakan kain khas dari Batak, Sumatera Utara, kain ini memiliki beberapa perpaduan warna mencolok, seperti diantaranya adalah merah, hitam, putih, emas hingga perak. Kain yang satu ini sering dimanfaatkan dalam acara-acara pengeluaran busana di luar negeri.
  3. Lurik, jenis kain lainnya yang terkenal hingga luar negeri adalah lurik, kebanyakan desainer memanfaatkannya sebagai bahan utama dalam pembuatan busana mereka, tampilannya cukup mewah dan berkelas.

Sebagai warna negara ada baiknya untuk tetap menjadi fashion Indonesia agar tak sampai hilang, boleh-boleh saja mencoba trend pakaian baru dari luar negeri, namun jangan melupakan produk fashion lokal, pastikan untuk menggunakannya di acara-acara khusus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme