sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Mengulas Baju Adat dari Provinsi Sumatera Utara

Baju tidak hanya berbicara tentang baju modern yang sekarang ini ramai digunakan dalam setiap kesempatan. Ada juga baju yang selalu menjadi ciri khas daerah ataupun suku yang terdapat di Indonesia, saat ini Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dan memiliki banyak suku dan budaya serta pakaian adat yang beragam. Setiap suku dalam satu daerah memiliki kebiasaan tertentu menurut adatnya yang menjadi kaidah atau norma dalam menjalani hidup. Salah satu daerah yang memiliki baju adat yang cukup unik dan memiliki beberapa suku dalam daerahnya terdapat di Provinsi Sumatera Utara.

 Mengulas Baju Adat dari Provinsi Sumatera Utara

Provinsi ini cukup besar dengan ibukota Medan, semua penduduknya berasal dari asal daerah kabupaten atau kota dengan suku dan pakaian adat yang berbeda. Selain itu juga perbedaan suku ini menandakan adanya perbedaan dalam adat istiadat. Di Sumatera Utara juga kebanyakan penduduknya memiliki warga yang diturunkan dari pihak laki-laki. Berikut adalah pakaian adat dari Sumut diantaranya:

Baca Juga  : Deretan Baju Adat yang Masih Eksis dan Semakin Populer Dikalangan Masyarakat

  • Pakaian adat Nias, untuk pria Baru Oholu dan Oroba Sioli untuk perempuan. Biasanya orang nias dikenal dengan sebutan ‘Ono Niha’ dan Pulau Nias disebut ‘Tano Niha’, untuk warna pakaian adat terdiri dari 3 warna yaitu hitam, kuning dan merah dan memiliki bahasa daerah atau ‘Li Khoda’.
  • Pakaian adat Batak Simalungun, biasanya untuk penduduk suku Simalungun yang banyak tinggal di Kabupaten Simalungun dan daerah sekitar. Biasanya menggunakan kain ulos atau Kain Hiou, memiliki penutup kepala Gotong untuk pria dan Bulang untuk wanita serta dilengkapi kain samping Suri-suri.
  • Pakaian adat Batak Karo, biasanya dominan menggunakan warna merah dan hitam serta tambahan perhiasan emas. Menggunakan kain Uis atau kain tenun asli dari Karo dan memiliki bahasa Karo atau disebut cakap Karo.

 

Beberapa pakaian adat diatas tentunya memberikan pemahaman tentang baju adat dari Sumut ini cukup banyak dan memiliki kekhasan masing-masing. Khas pakaian adat tersebut dapat dilihat dari model bajunya, warna yang digunakan, dan tambahan lainnya pada baju adat. Mengetahui pakaian daerah akan menambah kecintaan terhadap budaya di Indonesia.

 

Berikut adalah lanjutan dari pakaian ada Sumut:

 

  • Pakaian adat Batak Toba yang menggunakan kain Ulos untuk acara pernikahan atau pesta lainnya.
  • Pakaian adat Batak Pakpak menggunakan kain Oles dan tambahan aksesoris lainnya.
  • Pakaian adat Batak Angkola yang menggunakan kain Ulos dan dominan menggunakan warna hitam, merah dan juga tambahan emas.

 

Selain beberapa diatas, ada juga pakaian adat Batak Mandailing yang berpengaruh terhadap kebudayaan Minangkabau. Pakaian adat ini cenderung dominan merah dan warna emas pada beberapa bordir bajunya. Baju adat dari Sumut masih ada banyak lagi, semua akan diketahui jika pengguna smartphone mulai menggunakan handphone untuk hal-hal pengetahuan ke daerah seperti ini. Mencintai Indonesia berarti mencintai setiap budaya, gaya bahasa.

Updated: April 23, 2018 — 9:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme