Mengenal Jenis Sepatu Pria untuk Momen Resmi
2017 Aug 03 By admin 0 comment

Sepatu merupakan salah satu jenis item fashion yang mampu menunjang penampilan seseorang. Di pasaran, terdapat berbagai jenis dan model sepatu. Pemakaian sepatu harus disesuaikan dengan momen dan acaranya, agar penampilan seseorang tidak terlihat aneh. Bagi pria atau lelaki, terdapat beberapa jenis sepatu untuk menunjang penampilan mereka di berbagai momen formal atau resmi, seperti ketika akan ke kantor, ke kampus, menghadiri rapat perusahaan, dan berbagai momen formal lainnya. Ciri khas sepatu formal bagi pria memang identik dengan sepatu berbahan kulit. Namun ternyata, tidak semua sepatu berbahan kulit cocok digunakan di momen formal. Berikut ini akan dibahas mengenai berbagai model sepatu pria yang cocok dikenakan di berbagai momen resmi.

Sepatu Balmoral

Balmoral atau juga dikenal dengan sepatu Oxford merupakan salah satu jenis sepatu formal untuk pria. Sepatu ini termasuk ke dalam kategori sepatu derby. Ciri khas sepatu ini adalah kontruksinya yang didesain closed lacing di bagian facing sepatu. Difasilitasi dengan tali, bagian alas sepatu ini difasilitasi dengan hak kecil berbentuk kotak di bagian tumit. Sepatu ini memang identik dengan sepatu yang sering digunakan oleh pria akademisi di Oxford, Inggris, sehingga wajar jika sepatu ini dikategorikan sebagai sepatu formal.

Sepatu Derby

Pada dasarnya, sepatu Oxford dan sepatu Derby memiliki sedikit kesamaan, yaitu difasilitasi dengan tali di punggung kaki. Namun, tali sepatu pada sepatu Derbu lebih terbuka, sehingga sepatu ini cocok digunakan bagi lelaku yang memiliki kaki lebar dan bahkan cocok dikenakan oleh pria dengan nomor sepatu yang berbeda. Selain bagian tali yang didesain lebih lebar dan renggang, sepatu pria jenis Derby ini di beberapa bagiannya juga mengandalkan warna kombinasi, misalnya batas antara jahitan sepatu dengan warna dasar hitam didesain dengan pola jahitan berwarna cokelat. Dibandingkan dengan sepatu Balmoral, sepatu Derby sedikit lebih santai, sehingga tidak hanya dapat digunakan di berbagai momen resmi, namun dapat juga dikenakan untuk momen makan malam.

Sepatu Loafer

Berbeda dengan dua model sepatu di atas yang difasilitasi dengan tali punggung, sepatu Loafer merupakan sepatu laki-laki yang tidak difasilitasi dengan tali. Bagian ujung depannya didesain tumpul atau tidak lancip. Sepatu ini diproduksi dengan bahan linen yang dikombinasikan dengan katun ringan, sehingga meskipun tergolong sebagai sepatu formal, sepatu ini juga sangat cocok dikenakan di momen santai. Dirancang dengan model slip-on, sepatu ini relatif lebih mudah dikenakan.

Monk Strap

Sepatu pria lainnya yang juga cocok dikenakan di momen resmi adalah sepatu jenis monk strap. Jenis sepatu yang satu ini difasilitasi dengan strap di bagian punggung kaki. Desain punggung sepatu terkesan lebih rapi. Sepatu ini seringkali dipadukan dengan setelan jas atau tuksedo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *