sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Mengenal Filosofi Baju Kebaya yang Perlu Anda Ketahui

Kebaya adalah maju adat yang banyak dipakai oleh para wanita di daerah istimewa Yogyakarta dan juga di Surakarta. Kebaya ini bisa dipakai dengan disertai kemben pada bagian perut yang biasa digunakan sehari-hari oleh wanita pada zaman dulu. Saat ini baju kebaya sudah berkembang lebih modern tanpa meninggalkan warisan budaya nenek moyang. Sekarang ini kebaya banyak dipakai saat acara-acara resmi yang dihadiri oleh seseorang. Karena desain yang lebih modern saat ini banyak sekali para remaja hingga orang tua yang selalu memilih jenis pakaian ini untuk dipakai dalam suatu acara.

Umumnya orang memakai kebaya saat acara pernikahan, kelulusan ataupun wisuda dan juga pada saat acara perayaan hari Kartini. Dengan timbulnya rasa cinta masyarakat Indonesia saat ini terhadap pakaian kebaya membuat pakaian kebaya saat ini banyak dijumpai dipasar atau toko-toko. Model yang dibuat dari kebaya semakin hari semakin meningkat jenisnya. Tanpa meninggalkan sekarang yang semakin membawa pakaian kebaya saat ini menjadi pilihan bagi wanita di Indonesia.

Baca juga: Baju Kebaya Lengan Pendek Lebih Sederhana, Namun Tetap Terlihat Anggun

Kebaya saat ini menjadi pilihan yang utama untuk digunakan didalam pernikahan seseorang yang berasal dari suku jawa. Mereka tidak akan meninggalkan sejarah dari kebaya ini. dahulu kebaya hanyalah baju yang dapat dipakai untuk acara pernikahan saja. Bahan yang dibuat adalah bahan beludru warna hitam serta warna merah. Baju kebaya ini sangat nyaman dipakai dihari pernikahan. Sering berjalannya waktu saat ini kebaya sudah banyak dikembangkan dalam beberapa model kebaya. Baju model kebaya yang dikenakan oleh RA Kartini berbeda, baju ini dibuat dari bahan katun serta brokat yang polos dengan warna-warna yang cerah. Sehingga dapat menampilkan aura pancaran diri yang lebih baik.

Untuk wanita jawa, kebaya ini bukanlah pakaian semata, tetapi pakaian ini memiliki filosofi tersendiri. Filosofi tersebut mengandung beberapa nilai dalam kehidupan. Bukan hanya itu kebaya juga sebagai cerminan dari kehidupan masyarakat Indonesia yang penuh akan kesederhanaan. Kebaya memiliki banyak fungsi bagi wanita di jawa ini. kepatuhan, kehalusan serta tindak tanduk dari seorang wanita yang sangat lembut menjadi sebuah nilai dari filosofi ini. Dalam pemakaiannya kebaya dapat dipadukan dengan kain jarik pada tubuh bagian bawah yang memiliki arti gerak cepat yang ditunjukkan oleh wanita jawa yang biasanya sangat gemulai.

Kebaya ini adalah pakaian yang tentu sangat berarti bagi kita semua. Baju kebaya saat ini bisa didapatkan dengan jenis yang sangat beragam. Pastikan jika Anda membeli pakaian kebaya ini Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan Anda tanpa meninggalkan beberapa nilai filosofi dari batik diatas. Kebaya merupakan pakaian adat warisan yang harus dijaga kelestariannya. Pastikan Anda memakai kebaya menyesuaikan pada tempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme