sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Mengatasi Kerusakan Rambut Agar Tidak Kering

Rambut merupakan bagian penting dalam menunjang penampilan. Kesehatan rambut juga mendapat perhatian tersendiri khususnya bagi kaum hawa. Sebagian kaum hawa sangat khawatir jika terjadi kerusakan rambut yang dialami dapat menyebabkan tampilannya kurang maksimal. Terdapat banyak permasalahan kesehatan rambut diantaranya yaitu rambut yang kering dan mengembang, rambut berketombe, dsb. Namun untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat merawatnya dengan rajin menggunakan kondisioner setelah keramas dan menggunakan minyak kelapa. Pembahasan kali ini akan berfokus pada rambut kering dan mengembang yang dibahas sebagai berikut:

Mengatasi Kerusakan Rambut Agar Tidak Kering

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

Setiap bulan rambut Anda tentunya mengalami pertumbuhan meskipun hanya 3,8 cm saja. Namun jika Anda tidak merawatnya dengan baik, kerusakan rambut berupa rambut kering dan mengembang tidak akan terelakkan. Kondisi seperti ini akan membuat penampilan rambut layaknya rambut singa dan tentunya sangat sulit diatur. Faktor usia atau bertambahnya umur menjadi sebab terjadinya rambut kering karena produksi minyak yang semakin berkurang. Selain itu kebiasaan mencuci rambut setiap hari atau penggunaan shampoo berbahan keras juga dapat mengakibatkan rambut kering. Penyebab lainnya yaitu sering menggunakan hair dryer maupun terpapar oleh sinar matahari langsung secara berlebihan.

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Kerusakan rambut berupa rambut kering dan mengembang dapat diatasi dengan beberapa cara, diantaranya yaitu:

  • Gunakan minyak zaitun saat rambut Anda terasa kering dan mengembang. Minyak zaitun berfungsi sebagai pelembut, pelembap bahkan memperkuat batang rambut. Selain itu dapat membuat rambut Anda semakin berkilau karena bekerja menghaluskan kultikula luar rambut.
  • Gunakan minyak kelapa dan chamomile. Kedua bahan ini akan membuat rambut Anda semakin berkilau dan lembut. ┬áChamomile juga berfungsi untuk menenangkan kulit kepala. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu oleskan minyak pada rambut dan kulit kepala kemudian tutup dengan handuk atau shower cap, selanjutnya tunggu hingga 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca juga: Inilah Beberapa Model Rambut yang Bisa Dipilih Sesuai dengan Bentuk Wajah Anda

  • Mengatasi kerusakan rambut juga dapat dilakukan dengan cara penggunaan minyak jojoba secara rutin. Minyak ini berfungsi sebagai pelembap, menambah nutrisi dan merangsang kulit kepala.
  • Gunakan shampoo sesuai tipe rambut Anda. Pilihlah bahan yang ringan dan tidak mengandung alkohol.
  • Tambahkan kondisioner setelah keramas agar kultikula tetap mengandung minyak.
  • Cucilah rambut Anda sewajarnya (jangan setiap hari)
  • Jika keluar rumah, gunakan pelindung untuk menjaga rambut Anda dari paparan sinar matahari dan debu di luar.
  • Konsumsilah makanan sehat seperti sayur bayam untuk mengatasi rambut rapuh, ikan salmon untuk rambut lebih berkilau, jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut, dsb.
  • Jika Anda sudah menjalani pola hidup sehat dan menerapkan cara-cara diatas namun rambut tetap kering, maka segera konsultasikan ke dokter karena terdapat beberapa penyakit serius yang dapat ditandai dengan rambut kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme