Memilih Baju Lebaran yang Tepat
2017 Jun 08 By admin 0 comment

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu hari raya yang sangat dinantikan oleh kaum muslim. Setelah mengekang hawa nasfsu selama satu bulan pada saat Ramadhan, akhirnya bisa bertemu dengan hari kemenangan. Pada hari kemenangan tersebut ada beragam kebiasaan yang dijalani oleh masyarakat muslim, khususnya masyarakat muslim yang ada di Indonesia, salah satunya adalah mengenakan baju lebaran ketika pergi sholat ied serta ketika bersilaturrahim ke rumah tetangga dan saudara. Sebelum memilih baju untuk lebaran, alangkah baiknya harus memahami hal-hal berikut ini:

  1. Tak Harus Baru

Selama ini baju lebaran identik dengan baju yang baru, padahal baju untuk lebaran tak harus membeli baru. Apabila baju yang digunakan untuk lebaran tahun sebelumnya masih bagus, tentunya tak ada salahnya untuk mengenakannya kembali. Lebaran tak harus membeli baju baru, karena yang terpenting adalah hati yang baru dan sikap yang baru untuk kembali kepada yang fitrah. Baju baru ketika lebaran seringkali menghadirkan sikap yang konsumtif, padahal lebaran seharusnya menjadi saat untuk instrospeksi diri, merasakan kehidupan orang lain yang mungkin tidak bisa membeli baju baru saat lebaran.

  1. Bersih

Baju yang dikenakan pada Hari Raya memang tidak harus baru, namun baju yang dikenakan tentunya harus bersih. Apabila sebuah baju terawat dan terjaga kebersihannya, maka tampilannya pun akan seperti baju baru.

  1. Sopan

Baju yang digunakan pada saat Hari Raya Idul Fitri selayaknya harus sopan, akan lebih baik jika bisa menutup aurat, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Untuk laki-laki bisa menggunakan baju koko, sarung dan peci. Sedangkan untuk perempuan bisa menggunakan gamis panjang dan menggunakan jilbab. Sebisa mungkin jangan menggunakan jeans ketat atau baju ketat, karena baju-baju tersebut hanya cocok untuk digunakan saat pergi jalan-jalan bersama teman, dan tidak cocok digunakan saat merayakan lebaran.

  1. Tak Harus Warna Putih

Saat lebaran, gunakan baju dengan warna yang serasi antara baju atasan dan bawahan, jangan menggunakan baju yang tabrak warna. Banyak yang memilih mengenakan warna putih sebagai lambang kembali suci atau kembali ke fitri, namun apabila takut baju tersebut mudah terkena noda, tak ada salahnya juga untuk menggunakan baju berwarna lain, seperti merah, hijau, biru, dan warna-warna lainnya yang memang menjadi warna favorit.

  1. Gunakan Hijab / Peci

Lebaran merupakan hari raya seluruh umat muslim, meski pada aktifitas sehari-hari tidak menggunakan jilbab, maka tak ada salahnya jika pada hari raya Idul Fitri menggunakan penutup kepala, hijab untuk perempuan, dan peci untuk laki-laki.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin memilih baju lebaran agar bisa tetap tampil mempesona. Meski begitu, Hari Raya Idul Fitri tidak diukur dari baju yang dikenakan, namun dari perubahan sikap ke arah yang lebih baik.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *