sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Memakai Baju Batik Bisa Menjadi Sarana untuk Memajukan Perekonomian Industri Lokal  

Sejak dulu hingga sekarang negara Indonesia dikenal dunia sebagai negara dengan kekayaan budaya yang berlimpah. Salah satu kekayaannya adalah batik yang diolah menjadi baju batik, baik yang dibiarkan menjuntai menjadi scarf atau selendang maupun yang dijahit menjadi kemeja, blouse, dan lain sebagainya. Busana batik saat ini dikenakan oleh semua kalangan, mulai anak muda sampai orang dewasa dengan beragam status sosial. Harga pakaian batik pun beragam sehingga tidak harus menjadi kaya dulu untuk bisa memakainya.

Alasan Perlu Bangga Memakai Batik

Sebagai salah satu warisan budaya tentu Anda dan masyarakat Indonesia lainnya perlu bangga memakai busana batik tersebut, entah model tradisional maupun modern. Ada banyak alasan yang membuat batik membuat pemakainya merasa bangga, berikut adalah alasan tersebut:

Baca juga: Baju Batik Couple, Modal Tampil Serasi dengan Pasangan

  • Kesenian asli dari Indonesia,

Batik merupakan warisan budaya Indonesia dan termasuk ke dalam kesenian asli nusantara, sehingga tidak akan dimiliki oleh negara dan bangsa lain. Kesenian asli ini menjadi cermin kebudayaan di bangsa kita yang memang kaya karena setiap daerah memiliki motif batik secara khas, dijamin mengetahui fakta ini akan semakin bangga memakainya.

  • Indonesia dikenal oleh seluruh dunia,

Batik yang sudah diolah menjadi baju batik ternyata tidak hanya disukai oleh masyarakat asli Indonesia, melainkan juga para wisatawan. Banyak wisatawan yang singgah ke Indonesia melalui berbagai tempat wisata disini menjadikan pakaian batik sebagai buah tangan. Motif yang khas dan modelnya yang sudah mengikuti perkembangan zaman membuatnya mudah diterima oleh masyarakat dunia. Sebagai kesenian khas Indonesia maka secara tidak langsung wisatawan yang memakainya memperkenalkan Indonesia di negara asalnya.

  • Karya seni yang memiliki nilai tinggi,

Membuat kain polos menjadi memiliki motif batik bukanlah proses instan dan cukup mengucapkan mantra abra kadabra saja. Melainkan perlu proses yang panjang terutama untuk jenis batik tulis yang perlu diproses motifnya secara manual. Butuh waktu sebulan bahkan lebih agar kain sepanjang satu meter bisa siap diolah menjadi baju siap pakai. Sehingga tidak berlebihan jika batik dianggap sebagai karya seni bernilai tinggi karena proses pembuatan motifnya tidak hanya butuh keahlian namun juga kesabaran.

  • Sarana memajukan perekonomian industri lokal,

Kain batik tentunya tidak hanya diproduksi oleh perusahaan besar yang bisa jadi salah satu investornya adalah investor asing. Namun sebagian besar pengrajin batik merupakan industri kecil dan menengah, sehingga menyerap pengrajin setempat. Ketika kita membeli kain atau busana batik otomatis meningkatkan keinginan masyarakat dekat industri batik belajar membatik. Artinya Anda dan siapa saja sudah membantu melestarikan batik dan membantu mengangkat perekonomian lokal. Satu potong baju batik bisa jadi terasa sederhana namun efek di belakangnya sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme