sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Macam-macam Baju Adat Betawi yang Perlu Anda Ketahui

Betawi merupakan nama lain dari ibukota Jakarta. Namun lebih dari pada itu, Betawi merupakan nama sebuah suku asli yang bermukim di kota Jakarta. Suku asli Betawi hingga saat ini masih banyak terdapat di kota Jakarta yang juga sebagai kota pendatang. Suku Betawi asli bersama dengan suku pendatang menempati Jakarta sebagai satu penduduk yang rukun. Salah satu ciri suku Betawi asli adalah pada pakaian adat yang digunakan ketika melakukan resepsi pernikahan dan acara budaya lainnya. Ada beberapa macam baju adat Betawi yang kerap dipakai bahkan beberapa diantaranya sudah mulai dimodifikasi agar terlihat lebih kekinian.

Bagi Anda yang bukan suku Betawi asli mungkin mengenal budaya suku Betawi dari tanjidor, roti buaya dan kebudayaan lainnya. Berikut ini adalah beberapa macam baju adat suku Betawi yang juga bisa Anda jadikan informasi untuk mengenali mereka diantara hiruk-pikuk para pendatang di Jakarta.

  • Pakaian sehari-hari.

Suku Betawi asli masih banyak yang menggunakan pakaian adat sebagai pakaian sehari-hari. Pastinya pakaian adat yang dipakai ini tidak semeriah pakaian untuk kegiatan tertentu, namun juga bukan kaos atau celana seperti pada umumnya yang sering digunakan oleh orang umum. Baju adat yang digunakan orang Betawi untuk busana sehari-hari adalah baju koko untuk pria dengan selendang yang disampirkan di leher dan menjuntai hingga dada. Sedangkan untuk bawahan menggunakan celana panjang tak lupa dengan kopyah. Sedangkan untuk wanita, penggunaan baju adat sehari-hari seperti sebuah kebaya panjang.

  • Pakaian resmi adat.

Ada juga baju adat Betawi yang hanya digunakan untuk acara-acara resmi seperti kegiatan sosial tertentu. Untuk pria baju adat resmi ini menggunakan kain hitam dari atasan hingga bawahan celana panjangnya. Kemeja hitam pun berlengan panjang dengan dilengkapi sabuk besar guna menyelipkan senjata khas Betawi. Sedangkan untuk wanita, menggunakan baju kurung lengkap dengan perhiasan mas dan kerudung.

  • Pakaian pengantin.

Pakaian pengantin khas Betawi akan mudah Anda kenali karena pakaiannya yang glamour. Orang betawi menggunakan pakaian adat untuk pernikahan dengan warna merah menyala dan perlengkapan dengan warna kuning emas. Pada wanita terdapat tudung kepala yang meriah lengkap dengan manik-manik yang menjuntai menutupi pandangan mata. Pada pria juga menggunakan penutup kepala berwarna kuning yang berbentuk kopyah dengan bunga menjuntai di bagian samping.

Itulah beberapa jenis baju adat Betawi yang bisa membedakan suku Betawi asli dan suku pendatang. Meskipun berbeda suku, namun mereka semua hidup berdampingan di kota Jakarta yang menjadi kota harapan bagi semua masyarakat yang tinggal di sana. Selain dari pakaian adat, Betawi juga memiliki bahasa tradisional yang sering digunakan dan pastinya akan mempermudah Anda menebak apakah seseorang tersebut merupakan suku Betawi atau tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme