sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Lebih Elegan Outfit Pakai Baju Parka

Anda pasti pernah mendengar jaket parka atau baju parka ? sebenarnya apa sih baju parka itu? Dan bentuknya seperti apa? Yuk kita simak ulasannya!

Lebih Elegan Outfit Pakai Baju Parka

Jaket parka adalah jenis baju atau jaket yang tebal yang dipakai dalam cuaca dingin. Baju ini dilengkapi dengan hoodie, dengan panjang selutut dan biasanya dilapisi bulu sintesis agar tubuh tetap hangat. Pada awalnya, jaket ini dibuat dari kulit rusa yang berat. Seiring dengan perkembangannya, jaket ini mulai dibuat juga dengan bahan seperti nilon, poliester dan wol, agar terasa ringan dipakai.

Sejarah dari jaket ini adalah  dulu jaket ini pertama kali dgunakan oleh kalangan militer, khususnya awak penerbangan yang ditugaskan di daerah dingin. Mulanya, jaket ini dikenakan oleh para pemburu hutan di kutub untuk melindungi tubuh mereka dari hawa yang sangat dingin.

Pada tahun 1970-an sampai akhir tahun 1980-an, jaket ini kembali menjadi tren. Hampir semua anak sekolah di Inggris memakai jaket ini. Namun, pada akhir tahun 1980-an, pamor dari baju parka jenis jaket ini mulai meredup. Hal ini karena jaket ini dianggap sebagai jaket yang dipakai para kutu buku. Akan tetapi pada tahun 1990-an sampai tahun 2000-1n jaket ini mulai booming lagi.  Banyak merk pakaian dunia mulai memproduksi jaket parka sebagai koleksi eksklusifnya.

Adapun jenis dari jaket parka ini ada 3 macam yaitu :

  • Jaket Parka Snorkel

Jaket parka ini awalnya digunakan oleh kru pesawat militer Amerika pada awal tahun 1950-an. Kemudian booming lagi tahun 1990an  sampai awal tahun 2000-an. Sekitar tahun 2004 jaket parka snorkel menjadi jaket fashion mainstream yang cukup populer pada komunitas indi. Sedangkan di Jerman, jaket ini identik dengan budaya hip hop.

  • Jaket Parka Fishtail

Jaket parka jenis fishtail ini pada awal mulanya merupakan jaket yang digunakan oleh tentara Amerika pada perang Korea untuk melindungi iklim disana yang cukup ekstrem.  Lalu pada tahun 1960-an jaket jenis ini dijadikan simbol budaya “mod “ di Inggris tahun 1960-an. Hal ini karena baju parka  jenis ini harganya terjangkau dan ketersediaanya di banyak toko militer, dan pakaian ideal untuk melindungi dari debu oleh kaum mod yang menggunakan skuter.

  • Jaket parka cagoule

Jaket parka jenis ini merupakan jenis jaket seperti jas hujan yang tahan cuaca dan biasanya memiliki panjang selutut.  Jaket ini bisa digulung serta dilipat dan dibawa dalam tas atau saku. Jaket ini diciptakan oleh Nole Bibby dari Peter badai Ltd, pada awal tahun 1960-an.  Jaket jenis ini juga disebut jaket nelayan, karena banyak dipakai oleh nelayan di wilayah Eropa. Tahun 1970-an jaket ini populer di kalangan hooligan karena film “awaydays “ yang mengisahkan tentang kaum hooligan.

Baca juga Beginilah Tips Merawat Jaket Parka yang Paling Benar Agar Lebih Awet

Nah itu dia informasi mengenai baju parka jenis jaket parka dan sejarahnya. Cukup menarik bukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme