sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Lakukan 4 Pertimbangan Ini Saat Memilih Baju Adat Jawa untuk Pernikahan Anda

Menggunakan baju adat Jawa ketika melangsungkan pernikahan sepertinya memang menjadi kebutuhan semua orang. Sebab usai proses ijab qabul atau mungkin pemberkatan bagi nasrani maka akan berlanjut ke acara resepsi. Resepsi inilah pasangan beserta keluarga besar bisa menentukan tema dekorasi dan busana mempelai beserta keluarganya. Ketika salah satu atau keduanya berasal dari Jawa maka akan memilih tema Jawa, entah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Masing-masing memiliki beberapa perbedaan, dari tata rias, sanggul, sampai detail busana tradisional yang dipakai.

Pertimbangan Memilih Busana Pengantin Khas Jawa

Baju adat ini baiknya tidak dilupakan karena bisa membantu menciptakan suasana sakral di pesta pernikahan sekaligus tidak melupakan adat dan kebudayaan leluhur. Kini Anda bisa memilih baju pengantin jadi atau memesan ke penjahit, tatkala membeli jadi maka tentukan pilihan dengan pertimbangan berikut:

Baca juga: Menilik 3 Jenis Baju Adat Jawa yang Kini Makin Mendunia

  • Tentukan soal ukuran,

Ukuran baju adat khas Jawa untuk resepsi pernikahan tentu idealnya pas di badan, khususnya mempelai perempuan. Semakin pas di badan maka semakin terlihat anggun karena memang modelnya kebaya kalau terlalu longgar malah terkesan aneh. Akan tetapi jangan sampai kekecilan karena akan membuat badan tidak nyaman.

  • Bicarakan soal model dengan pasangan,

Saat ini pilihan baju adat Jawa untuk acara pernikahan ada banyak sebab beberapa sudah dimodifikasi supaya tampil lebih modern. Melihat pernikahan melibatkan tidak hanya satu orang melainkan dua orang lengkap dengan dua keluarga. Maka soal model bisa dibicarakan dulu sehingga kedua belah pihak merasa sudah saling cocok agar tidak berselisih. Terutama kedua mempelai, sehingga bisa tersenyum lebar di pelaminan karena sudah cocok dengan ukuran dan model pakaiannya.

  • Ada baiknya memilih warna yang cenderung cerah,

Karena pernikahan adalah moment bahagia yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup maka dianjurkan memilih warna cerah. Khusus busana adat Jawa Tengah memang memiliki warna hitam akan tetapi dikombinasikan dengan hiasan berwarna emas, sehingga terlihat cerah dan anggun sekaligus. Warna gelap tentu akan membuat suasana pesta cenderung lebih melankolis dan sedih maka prioritaskan untuk memakai warna cerah, sehingga kebahagiaan ikut terpancar dari pakaian adat yang dikenakan kedua mempelai beserta keluarga besar.

  • Tentukan sanggul sesuai model busana,

Sanggul yang akan dipilih juga bisa dipesan sesuai dengan selera namun jangan sampai melenceng dari model baju adat yang dipakai. Sebab baju adat tentu akan lebih cocok dengan sanggul model tertentu supaya penampilan tidak aneh. Kalau bingung dan belum tahu maka konsultasikan dulu dengan perias, sehingga tidak ada kesalahan. Kalau mempelai perempuan berhijab maka penting pula memilih gaya hijab yang mendukung jenis dan model baju adat Jawa yang dikenakan sehingga cantik maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme