Keunikan dan Ciri Khas Fashion Indonesia
2017 Jun 22 By admin 0 comment

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Di bidang pariwisata misalnya, banyak sekali destinasi wisata Indonesia yang diakui dunia dan menjadi tujuan wisata tingkat internasional yang disukai oleh wisatawan mancanegara. Di luar bidang pariwisata, banyak keunikan lain yang dimiliki oleh Indonesia, termasuk juga di bidang fashion. Para desainer Indonesia seakan berlomba-lomba untuk mendesain baju dan busana yang memiliki keunikan dan menonjolkan budaya khas Indonesia, misalnya dengan memanfaatkan batik sebagai bahan dasarnya, atau mendesain pakaian yang identik dengan budaya adat daerah tertentu di Indonesia. Berikut ini adalah ulasan mengenai keunikan dan ciri khas fashion Indonesia yang mungkin akan sulit ditemukan di negara lainnya.

Batik

Dapat dikatakan, batik merupakan budaya khas Indonesia. Keberadaan batik sebagai budaya Indonesia sudah diakui oleh PBB melalui UNESCO sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Motif batik sangat beragam, bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan jenis batiknya sendiri. Jika dahulu batik identik dengan pakaian formal dan lebih sering dikenakan oleh orang tua, berbagai terobosan yang dilakukan oleh desainer Indonesia membuat batik lebih membumi, lebih trendy dengan disematkan kepada berbagai model dan jenis pakaian. Saat ini, pakaian berbahan dasar batik semakin mudah ditemui di pasaran Indonesia, dari pakaian bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Banyaknya motif batik di Indonesia menjadikan berbagai pakaian yang mengandalkan bahan batik seakan tidak pasaran, sebab batik yang dimanfaatkan untuk pakaian yang satu berbeda dengan pakaian lainnya. Saat ini, batik sudah menjadi identitas fashion Indonesia.

Kebaya

Selain batik, pakaian khas Indonesia lainnya adalah kebaya. Kebaya merupakan pakaian tradisional wanita Indonesia. Saat ini, benyak desain dan jenis kebaya wanita yang didesain lebih trendy, sehingga tidak hanya cocok digunakan di momen formal seperti untuk kondangan maupun wisuda, namun juga cocok digunakan ketika makan malam dan berbagai acara semi formal lainnya. Kebaya memang sudah mengalami revolusi. Pakaian bermodel dasar blus ini biasanya memang terbuat dari bahan tenun atau rajutan yang cenderung tipis. Namun belakangan ini, bahan untuk pembuatan kebaya semakin beragam dan ramah untuk digunakan, misalnya dengan memanfaatkan batik dan bahan lainnya.

Pakaian Motif Floral

Sebagai negara tropis yang memiliki dua musim, Indonesia memiliki banyak jenis bunga dan dedaunan. Berbagai jenis bunga dan dedaunan khas Indonesia tersebut dijadikan sebagai motif dan corak pakaian yang belakangan ini menjadi trend. Apalagi, saat ini terdapat teknologi printing tiga dimensi dan printing tekstile yang menunjang penggunaan motif floral sebagai corak bahan pakaian. Motif floral banyak dimanfaatkan untuk pembuatan rok, daster, dan berbagai jenis pakaian santai lainnya dan kini menjadi trend fashion Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *