sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Kenali Baju Adat Jawa Tengah Sesuai dengan Upacara Adatnya

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang kaya akan budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Walaupun berbeda setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri sehingga menjadi kebiasaan atau adat daerah. Setiap daerah tentunya memiliki adat dan kebiasaan yang berbeda dan tentunya membuat masyarakat mengenal ciri khas antar daerah. Setiap daerah memiliki baju adat sendiri, salah satu pakaian adat yang akan dibahas adalah baju ada Jawa Tengah. Jawa memiliki banyak keberagaman dan juga memiliki banyak acara adat seperti acara adat menjelang pernikahan dan ketika menikah serta adat ketika akikahan anak.

Kenali Baju Adat Jawa Tengah Sesuai dengan Upacara Adatnya

 

Berikut adalah pakaian adat Jawa Tengah diantaranya:

 

  • Pakaian adat Jawa Tengah resmi adalah Jawi Jangkep dan Kebaya. Jawi Jangkep merupakan pakaian adat yang digunakan oleh pria, biasanya menggunakan baju beskap dengan bunga sebagai motifnya, memiliki bawahan kain jarik dililitkan pada bagian pinggan, blangon, dan beberapa aksesoris lainnya seperti keris dan alas kaki. Kebaya untuk wanita dari bahan katun, sutra brokat, bludru, dan nilon dan memiliki model panjang dan pende, pada bagian dada memiliki kain persegi panjang untuk menyambung kedua sisi. Untuk bawahannya menggunakan kain tapih pinjung dengan motif batik dan diikatkan pada pinggang.
  • Upacara Midodareni, pria menggunakan baju Jawi Jangkep dan wanita menggunakan busana sawitan dengan kebaya lengan panjang dan kain jarik batik.

Baca Juga : Mengenal Baju Adat Jawa Beserta Penjelasannya

Beberapa pakaian adat diatas digunakan untuk keperluan resmi biasa dan untuk upacara adat besar. Selain itu juga, baju adat Jawa tengah lainnya digunakan saat upacara Setelah Panggih. Untuk pria menggunakan busana kapangeranan dan wanita menggunakan busana kanigaran dengan tambahan beberapa aksesoris untuk busana. Beberapa pakaian diatas juga biasanya lebih dominan berwarna hitam dan tambahan warna emas merupakan ciri khas Jawa. Selain itu juga, perhiasan tambahan untuk pakaian ada menggunakan nuansa emas.

 

Berikut adalah pakaian ada Jawa Tengah lainnya:

 

  • Upacara Ijab, pria menggunakan busana basahan dengan dodot bangun tulak dan keris waranga ladrang dan wanita menggunakan baju kebaya dan kain jarik batik.
  • Upacara Panggih, pria dan wanita menggunakan busana basahan. Pria menggunaan perhiasan seperti kalung ulur, epek, bros dan wanita menggunakan cunduk mentul, cincin, gelang, jungkat dan lainnya.

 

Dengan mengetahui beberapa pakaian adat maka akan menambah kecintaan terhadap masyarakat Indonesia. Terutama saat ini Pulau Jawa merupakan salah satu daerah yang kental terhadap adat istiadat yang berlaku disana. Kebiasaan adat dengan menggunakan pakaian adat tentunya akan membuat ciri khas sebuah daerah di Jawa Tengah. Baju adat Jawa Tengah tentunya sudah dikenal dan baju adat ini tentunya juga tentu memiliki manfaat. Manfaat dari menggunakan pakaian adat adalah untuk melestarikan budaya daerah dan menunjukkan identitas asli suatu daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme