sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Kenali Baju Adat Betawi dan Beberapa Aksesorisnya Berikut Ini!

Salah satu daerah yang memiliki ciri khas dan terkenal adalah Betawi. Betawi merupakan salah satu suku Indonesia yang masyarakatnya umumnya tinggal di Jakarta. Suku Betawi dipercayai memiliki campuran aneka suku yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia pada zaman dulu. Ada begitu banyak kesenian yang terdapat di Jakarta dan menjadi incaran para wisatawan untuk berkunjung dan merasakan nuansa khas Betawi. Salah satu kesenian Betawi adalah ondel-ondel yang selalu digunakan ketika peringatan ulang tahun Jakarta. Sebagai orang Betawi tentunya memiliki dan menggunakan baju adat Betawi.

Kenali Baju Adat Betawi dan Beberapa Aksesorisnya Berikut Ini!

Berikut adalah pakaian ada Betawi pria dan wanita diantaranya:

  • Pakaian adat keseharian pria Betawi, menggunakan baju koko atau sadariah dan celana komprang yang memiliki ukuran ranggung, sarung yang digulung dan terikat pada pinggang, menggunakan sabuk hijau dan peci berwarna merah.
  • Pakaian adat keseharian wanita Betawi, menggunakan baju kurung warna mencolok, kain batik dengan motif geometris untuk bawahannya, tambahan selendang dengan warna yang sama dan kerudung sebagai penutup kepalanya.
  • Pakaian adat Betawi untuk Para Bangsawan, pria menggunakan kemeja putih yang tertutup jas warna hitam, batik geomteris yang diikat pada pinggang sebatas lutut, dan menggunakan celana pantolan warna yang sama dengan jas. Untuk tambahan menggunakan kopiah untuk kepala, pisau raut, senjata yang diselipkan pada pinggang, jam rantai pada saku dan alas kaki. Untuk wanita menggunakan baju kurung, kain batik dan selendang serta tambahan penutup kepala sebagai kerudung. Selai itu juga menggunakan perhiasan emas seperti gelang, cincin, dan kalung.

Beberapa pakaian adat diatas tentunya sering ditemukan pada wilayah Jakarta dan sekitarnya. Terutama ketika sedang ada upacara adat terkadang melihat orang Betawi yang sedang melakukan silat. Menggunakan baju adat Betawi ini tentunya menjadi keharusan bagi orang Betawi dan juga menggunakan bahasa khas Betawi. Bahasa yang digunakan biasanya menggunakan bahasa Betawi dengan logat kental orang Betawi.

Berikut adalah pakaian adat Betawi lainnya:

  • Pakaian pengantin pria Betawi menggunakan Dandanan Care Haji, berwarna merah dengan pernik yang menggunakan emas, celana putih dan menggunakan selendang yang digunakan dalam jas pada bagian dada dan topi khusus dari sorban untuk penutup kepala.
  • Pakaian pengantin wanita Betawi menggunakan Dandanan Care None pengantin cine yang erat dengan nilai-nilai budaya Tionghoa. Menggunakan warna merah cerah dan kain satin, rok gelap, dan hiasan kepala berupa kembang goyang seperti motif burung hong.

Baca juga Berbagai Macam Aksesoris yang Digunakan dalam Pemakaian Baju Adat Betawi Lengkap

Khusus untuk wanita baju adat Betawi menggunakan aksesoris hiasan bunga melati yang diikat dengan sisir, menggunakan kalung lebar dan manik-manik penghias dada. Menggunakan beberapa baju adat diatas tentunya akan menambah kecintaan orang Betawi terhadap budayanya. Selain itu juga sebagai langkah untuk melestarikan budaya Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme