sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Kegunaan Baju Daerah dan Cara Menyiasatinya Agar Lebih Modis

Baju daerah merupakan baju yang berasal dari daerah tertentu. Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai banyak sekali pulau yang ada baik itu pulau kecil dan juga pulau besar. Di banyaknya pulau tersebut, rakyat Indonesia juga terbagi dari beberapa adat termasuk juga mengenai baju ciri khas dari berbagai daerah itu. Baju adat tersebut dijadikan sebagai ciri khas pakaian daerah yang digunakan untuk berbagai acara khusus. Berbagai acara yang biasanya menggunakan pakaian adat tersebut misalnya: 

  • Pernikahan

Acara pertama yang banyak memerlukan dan menggunakan baju adat tersebut adalah ketika acara pernikahan. Selain konsep modern yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, pakaian adat merupakan konsep tradisional untuk dipakai oleh pasangan pengantin. Misalnya ketika digelar pernikahan orang jawa, banyak yang menggunakan dan memilih adat pakaian dari daerah jawa. Pengantin menggunakan kebaya, menggunakan make up dengan ciri khas paes di keningnya, dan hiasan rambut yang menggunakan bunga melati. Sedangkan untuk prianya menggunakan beskap serta di belakangnya ada keris yang disematkan seperti pada raja-raja terdahulu. Setiap acara pengantin atau pernikahan adat jawa selain menggunakan pakaian daerah juga ada ritual khusus dari pingitan, siraman, midodareni, dan masih banyak hal lainnya selain menggunakan pakaian adat ketika memilih pernikahan secara adat ini. 

  • Menyambut tamu penting

Baju daerah selanjutnya juga biasanya digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting. Misalnya ketika ada tamu penting yang datang ke daerah tertentu, maka masyarakat terutama untuk tetua di daerah tersebut akan menggunakan pakaian adat. Hal tersebut menandakan penghormatan kepada tamu tersebut sehingga menggunakan pakaian adat untuk menyambutnya. Misalnya saja ketika ada wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata tertentu, ada tamu negara yang datang seperti Presiden dan jajarannya, ataupun ketika ada kunjungan penting dari luar negeri. Sehingga untuk menyambutnya biasanya menggunakan pakaian adat beserta aksesorisnya. 

  • Berdoa atau ritual keagamaan

Dan baju adat tersebut biasanya digunakan ketika berdoa atau menjalankan ritual keagamaan. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Bali yang menggunakan baju adat Bali untuk berdoa ke Pura. Baju adat yang digunakan misalnya ada kebaya Bali yang mempunyai ciri khas dengan tali di bagian perutnya selain itu juga untuk pria ada udeng yang merupakan ikatan kepala yang pas.

Berbagai baju daerah di atas memang mempunyai ciri dan juga kegunaan masing-masing. Dan biasanya memang digunakan untuk keperluan yang formal tetapi tidak menutup kemungkinan untuk digunakan juga dalam sehari-hari yang sifatnya lebih santai. Salah satu pakaian daerah yang dapat digunakan santai adalah kain batik yang merupakan ciri khas kain dari berbagai daerah. Dimana kain tersebut selain bisa digunakan untuk kegiatan formal juga banyak yang bisa digunakan kegiatan sehari-hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme