sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Kamu Harus Coba Aplikasi Pemutar Musik Keren Ini!

Saya punya cerita. Anggun dulunya adalah seorang anak band. Ia memiliki pengetahuan luas di berbagai genre musik akibat rajin mengeksplorasi berbagai jenis lagu dari berbagai era. Tak hanya lagu, berbagai jenis aplikasi pemutar musik juga ia coba demi mendapatkan pengalaman memutar musik yang berbeda.

Referensi musiknya yang luas membuat Anggun kini berambisi untuk membuat semacam perpustakaan musik di komputernya. Itu juga ia lakukan demi mengenalkan musik sejak dini pada bayi dalam kandungannya. Anggun paham, musik untuk ibu hamil sangat penting demi merangsang otak bayi yang dikandungnya. Karena itu, ia membutuhkan aplikasi pemutar musik yang mumpuni.

Pilihan akhirnya ia jatuhkan pada sebuah pemutar musik yang barangkali masih asing di telinga orang Indonesia. Namanya adalah MusicBee. Pernah dengar?

MusicBee adalah aplikasi pemutar musik yang dibuat untuk mereka yang serius dalam mengoleksi musik terbaik dan tak mudah terpuaskan oleh kemampuan iTunes maupun Windows Media Player. Asal tahu saja, MusicBee kabarnya dapat memuat lagu hingga 500 ribu tanpa crash!

Beradaptasi dengan MusicBee cukup mudah. Pertama kali dijalankan, MusicBee bakal memindai seluruh musik yang ada di dalam laptop atau PC kamu sekaligus mengimpor file baik dari Windows Media Player maupun iTunes. Lagu-lagu yang ada selanjutnya dikategorikan oleh MusicBee, namun tidak dipindahkan dari lokasi semula sehingga kamu tidak perlu panik akibat file lagu kamu berpindah tempat. Lagu-lagu koleksi kamu baru akan dipindahkan bila kamu klik pilihan itu di Library Preferences.

Begitu lagu-lagu koleksi kamu telah diimpor, mudah sekali untuk melakukan tagging. Kamu tinggal tekan tombol Shift+Enter untuk membuka tag editor dan melakukan proses tersebut. Oh ya, kamu juga bisa memperbarui metadata file-file musik kamu menggunakan tag berstandar industri untuk setiap format file, lho!

Sebagaimana yang terdapat di Windows Media Player, menambahkan cover alias artwork untuk file musik kamu juga terbilang mudah, sesederhana melakukan copy + paste. Tak cuma sampul album, kamu juga bisa menambahkan foto artis, penyanyi utama, logo band, dan foto dari konser mereka. Gambar-gambar tambahan ini berguna bagi pemutar musik sebagai bantuan navigasi. Ia juga berguna sebagai visualisasi ketika suatu lagu sedang dimainkan.

Mau nyanyi saat MusicBee memutar lagumu tapi lupa lirik? Tenang, MusicBee juga mencari lirik lagu untuk ditampilkan saat lagumu dimainkan.

Aplikasi pemutar musik yang gratis ini memang didesain untuk memaksimalkan pengalaman mendengarkan musik digital kamu. Buktinya, tidak hanya manajemen file yang diperhatikan. Hardware komputer kamu juga menjadi bidang yang turut dioptimalkan performanya, mulai dari soundcards hingga setup surround-sound dengan kemampuan upmix agar suara yang dihasilkan stereo.

Kejutan lain yang MusicBee tawarkan adalah continuous playback. Fitur ini akan menghilangkan “krik-krik moment” yang terjadi saat sebuah lagu selesai dimainkan. (Jadi, aplikasi pemutar musik ini bakal cocok banget bagi fans Pink Floyd, hehehe.)

Tidak suka fitur continuous playback? Tak masalah. Kamu bisa pilih mode biasa (silences) atau fades. Kamu juga bisa menormalkan volume dan bereksperimen dengan equalizernya.

Apa saja file musik yang MusicBee support? MusicBee mendukung banyak format audio. Pemutar musik ini juga bisa mengkonversi audio file dengan ekstensi tertentu. Namun, wajib diingat bahwa untuk file MP3, kamu harus download the LAME codec.

Mau mendengarkan MusicBee via ponsel Android kamu? Bisa juga, dong! Ada MusicBee Remote.

Aplikasi satu ini tersedia di Google Play untuk mendengarkan koleksi lagu di PC/laptop kamu dalam genggaman. MusicBee Remote support plugin dari WinAmp. Meskipun tidak bersifat open source, namun apps kembangan Konstatinos Pamparas ini bersifat free dan cocok digunakan untuk keperluan pribadi.

Dengan kelebihan seperti library yang luas, metadata editing yang mutakhir, dan optimisasi playback, MusicBee adalah aplikasi pemutar musik yang lebih dari sekedar layak buat dicoba!

Updated: September 7, 2018 — 2:24 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme