sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Jadikan Baju Brokat Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

Kalau diperhatikan maka baju brokat kini kembali menjadi trend dan diminati oleh semua kalangan sebagai busana pilihan. Entah untuk menghadiri resepsi pernikahan, ulang tahun, atau mungkin wisuda maka brokat pun kerap dijadikan pilihan. Brokat ini merupakan jenis busana tradisional yang kerap digunakan dalam pembuatan kebaya, namun dilapisi dengan tile atau kain di sepanjang potongannya. Sebab brokat cenderung bertekstur kasar sehingga tidak nyaman ketika bersentuhan langsung dengan kulit, maka diberi bahan pelapis supaya lebih enak dipakai.

Merawat Baju Berbahan Brokat

Memperhatikan detail busana brokat tentu menyadari bahwa motif yang terbentuk dibuat dengan membuat lubang pada kain. Sehingga aslinya brokat lumayan tipis sehingga perlu hati-hati pada saat mencucinya. Supaya terawat baik maka lakukan beberapa tindakan pintar di bawah ini:

Baca juga: Tips Memilih Baju Brokat untuk Pesta

  • Percayakan pada binatu,

Lace atau brokat sebenarnya mudah sekali untuk rusak maka menjadi pilihan cerdas jika mempercayakan pencuciannya ke binatu. Pihak binatu akan mencuci busana tersebut dengan langkah yang sudah tepat sehingga aman. Ketika menjumpai kerusakan maka bisa meminta ganti rugi, namun resiko ini sangat kecil sebab pihak mereka paham betul bagaimana merawat kain brokat.

  • Pilih detergen secara teliti,

Kain atau baju brokat memang cenderung tipis sekali tarik dengan tenaga sedang bisa jadi memicu kerobekan. Saat dipaksa dipakai maka robekan ini akan nampak jelas sehingga tidak bisa disebut layak pakai lagi. Usahakan selain hati-hati saat memakainya juga teliti saat memilih detergen, gunakan yang formulanya lembut. Hindari pemutih meski memakai baju lace warna putih karena bisa menjadikan kainnya semakin tipis dan mudah robek meski hanya dijemur dengan cara digantung.

  • Cuci secara manual saja,

Ketik merasa sulit menemukan binatu atau mungkin biaya yang dikenakan jasa binatu tersebut terlalu mahal, maka bisa memilih dicuci sendiri. Asalkan tepat dalam memilih detergen serta menghindari penggunaan mesin cuci maka kerusakan bisa dihindari. Usahakan dikucek saja dengan tangan dan jangan terlalu kuat jika tidak ingin bagian-bagiannya banyak yang rusak. Anda yang memiliki brokat di rumah baiknya rajin mencuci manual, dijamin akan lebih awet dan bisa jadi akan diwariskan kepada anak cucu.

  • Simpan dengan cara digantung,

Melipat kain dan baju berbahan brokat adalah tindakan yang keliru karena bisa merusak kain tersebut. Usahakan untuk disimpan dengan cara digantung dan hasilnya akan lebih baik jika dilapisi dengan plastik khusus laundry. Cara ini menjamin brokat tetap bersih meskipun disimpan lama, kalau dibutuhkan tinggal dipakai saja. Namun jika sulit menemukan plastik laundry ini bisa diakali dengan rajin membersihkan lemari baju. Sehingga tidak ada debu yang membuat baju brokat kesayangan kotor, Anda pun tidak perlu mencucinya terlalu sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme