sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Item Fashion Indonesia yang Unik di Mata Dunia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak suku-suku dan budaya. Banyaknya suku dan budaya yang berada di kepulauan Indonesia membuat Indonesia unik. Persinggungan antara satu satu istiadat dan istiadat yang lainnya menghasilkan budaya yang khas. Kekhasan Indonesia mencakup berbagai segi dan bidang, mulai dari bidang budaya, seni, tradisi, pakaian, hingga kebiasaan. Salah satu hal unik di Indonesia yang sulit ditemukan di negara lainnya adalah keberadaan pakaian adat di tiap-tiap daerah di Indonesia. setiap daerah memiliki pakaian khasnya sendiri, yang mencerminkan karakter mereka masing-masing. Namun di antara banyaknya pakaian daerah tersebut, terdapat item fashion atau jenis pakaian yang sudah menjadi identitas nasional, yang bukan lagi milik sebuah daerah melainkan sudah menjadi milik Indonesia. Berikut ini adalah beberapa item fashion Indonesia yang unik di mata dunia.

Baca juga: Berita Terkini Terkait Fashion Indonesia

Sarung

Sarung merupakan item fashion Indonesia yang cukup unik di mata dunia, terutama karena pakaian yang satu ini identik digunakan oleh umat Islam laki-laki. Di Indonesia, merupakan suatu yang lumrah jika laki-laki memakai sarung ke mana-mana. Di negara-negara lain, sarung atau pakaian tanpa jahitan dan potongan garis tengah memang lebih identik dengan pakaian wanita. Sarung dimanfaatkan sebagai pakaian bawahan untuk kegiatan sehari-hari, dan bukan lagi identik dikenakan untuk momen-momen religius. Meski pemakai sarung identik dengan kaum santri, namun hampir di seluruh bagian wilayah di Indonesia sarung dimanfaatkan untuk pakaian sehari-hari. Sangat sulit menemukan umat Islam di negara lain memakai pakaian model sarung.

Peci Hitam

Selain sarung, peci hitam juga termasuk pakaian khas Indonesia yang tidak ditemukan di negara lain. Peci hitam sudah menjadi identitas nasional. Bahkan, dalam setiap foto resmi pemimpin negara yang berjenis kelamin laki-laki, memakai peci hitam sudah menjadi sesuatu yang wajib. Peci hitam tidak lagi mewakili identitas agama seseorang, sebab peci hitam sudah berkembang menjadi songkok nasional, yang sering digunakan di momen-momen formal, seperti pelantikan pejabat, acara undangan resmi, dan berbagai momen formal kenegaraan lainnya.

Kebaya

Untuk jenis item fashion khas Indonesia yang dikenakan oleh wanita, maka kebaya perlu dikedepankan. Kebaya sudah menjadi identitas perempuan Indonesia, dan merupakan pakaian khas wanita Indonesia. Pemakaian kebaya seakan mencapai puncaknya setiap Hari Kartini, yaitu hari untuk para perempuan di Indonesia, hari yang memperingati kesetaraan dan emansipasi wanita. Selain sering dikenakan di momen Hari Kartini, kebaya juga dikenakan di momen-momen lainnya, seperti undangan pernikahan, pesta kelulusan sekolah, juga karnaval memperingati kemerdekaan Indonesia. Kebaya tidak ditemukan di negara lain, sehingga keberadaan kebaya sangat unik di mata dunia.

Itulah beberapa item fashion Indonesia yang unik di mata dunia dan menjadi identitas nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme