sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Inilah Macam Baju Adat Betawi dan Aksesoris Pendukungnya yang Perlu Anda Ketahui

Jika berbicara mengenai baju adat, Indonesia mempunyai beragam pakaian yang merupakan ciri khas daerah masing-masing. Seperti yang diketahui dari Sabang hingga Merauke banyak sekali suku atau adat setiap daerah. Salah satunya adalah masyarakat asli Jakarta yang sering disebut dengan masyarakat Betawi. Mereka juga mempunyai baju adat Betawi yang dijadikan sebagai ciri khas daerah tersebut, dan masing-masing pakaian mempunyai keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Banyak yang menjadikan pakaian adat tersebut dalam beberapa kegiatan masyarakatnya baik itu formal dan non formal.

Selain dari pakaian dasarnya sendiri, baju khas juga selalu mempunyai aksesoris pendukung lainnya yang membuat baju tersebut lebih menarik saat digunakan. Jika dilihat dari waktu penggunaannya sendiri, baju adat dari masyarakat Jakarta asli tersebut mempunyai beberapa macam diantaranya:

  • Pakaian keseharian masyarakat Betawi.

Jika dilihat dalam keseharian memang masyarakat Jakarta asli mempunyai ciri khas yang berbeda, baik itu untuk para pria ataupun para wanita. Mulai dari baju pria koko atau sadariah yang dipadukan dengan celana batik, sorban serta peci. Jika untuk wanita sering mengenakan baju kurung yang berlengan pendek atau pun panjang serta aksesoris pendukungnya adalah kerudung dan tidak lupa untuk mengenakan kain sarung batik.

  • Pakaian adat dalam acara resmi.

Selanjutnya ada pakaian yang digunakan dalam beberapa acara resmi, seperti pakaian pegawai, saat rapat atau lainnya. Sebenarnya baju adat Betawi untuk acara resmi bagi perempuan tidak berbeda jauh dengan baju keseharian. Tetapi yang menjadi pembeda adalah pada aksesoris pendukung seperti emas-emasan yang menarik dan lainnya. Lain halnya pada pria yang sangat berbeda jauh, sering disebut dengan pakaian ujung serong.

  • Pakaian pernikahan pria.

Jika Anda sering menghadiri pernikahan masyarakat Betawi pasti kenal betul dengan jenis atau ciri khas baju pernikahan pengantin Jakarta asli. Banyak yang menyebutkan bahwa busana pengantin dari Betawi ini merupakan perpaduan antara budaya Melayu, Arab dan Tionghoa. Untuk pria pakaian adatnya disebut dengan dandanan care haji, mulai dari jubah yang panjang, serta penutup kepala.

  • Pakaian pernikahan wanita.

Tidak berbeda jauh dengan busana pengantin pria yang mempunyai ciri khas yaitu rias besar dandanan none pengantin cine. Dari mulai aksesoris sanggul, cadar, pakaian atasan sampai dengan bawah mempunyai ciri yang sangat unik.

Perubahan jaman membuat beberapa baju tradisional setiap daerah sudah mulai terlupakan, hanya digunakan dalam acara-acara tertentu saja. Padahal dengan melihat baju adat Betawi dan juga daerah lainnya merupakan tanda bahwa keberagaman kebudayaan Indonesia yang sangat cantik dan selalu menarik. Hal-hal seperti inilah yang patut untuk dijadikan sebagai salah satu warisan budaya yang harus terus dilestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme