sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Inilah Daerah Penghasil Motif Batik Terkenal di Indonesia

Batik merupakan sebuah seni gambar serta hias kain dengan motif tertentu. Seni membatik ini sendiri telah menjadi bagian spesial dari budaya Indonesia sejak zaman dulu dengan cita rasa seni yang amat tinggi. Dengan ragam teknik yang berkembang, saat ini seni batik sudah sangat modern. Bahkan warisan nenek moyang Indonesia ini pun telah diperhitungkan untuk kancah fashion di dunia karena motif batik yang cantik dan berbeda.

Setiap daerah di Indonesia punya seni batik masing-masing. Hal ini tentu menghasilkan motif yang tak sedikit jumlahnya sehingga amat beragam. Motif ini pun bukan hanya sekedar asal gambar saja namun menyesuaikan dengan budaya dan juga nilai filosofi dari daerah tersebut. Tak heran dengan mendalamnya makna di dalam tiap goresan batik maka UNESCO pun menetapkan batik jadi warisan kemanusiaan dan budaya lisan serta nonbendawi di tahun 2009 yang lalu.

Berikut ini ada beberapa daerah di Indonesia yang terkenal menghasilkan batik nan indah, yakni:

  • Solo

Jika membicarakan batik maka tidak akan pernah bisa dilepaskan dari Solo. Motif batiknya amat terkenal yang identik dengan pemandangan alam, hingga flora dan fauna. Beberapa motif yang terkenal diantaranya sido mulyo yang menunjukkan kebahagiaan, sido dadi yang menunjukkan kemakmuran hingga sido wibowo yang menunjukkan martabat.

  • Yogyakarta

Siapa yang tak kenal batik Yogyakarta. Seolah-olah belum ke Yogyakarta jika pulang tidak membawa batiknya. Dominasi warna dari batik Yogyakarta ini memang lebih kepada warna netral mulai dari putih, hitam, coklat dan juga krem. Baju batik dari Yogyakarta juga motifnya beragam. Untuk motif yang original biasanya dipakai oleh para abdi kerajaan Yogya.

  • Pekalongan

Hampir di seluruh kota di Indonesia selalu ada toko batik Pekalongan. Ya, motif batik Pekalongan memang khas dimana mampu menggabungkan unsur Arab, China hingga Belanda sehingga tak heran jika motifnya unik dan memiliki nilai keragaman yang amat epik.

  • Cirebon

Motif untuk batik Cirebon kebanyakan adalah motif fauna mulai dari gajah, macan hingga naga. Mengapa? Hal ini lantaran di Cirebon banyak sekali etnis Cina sehingga pengaruh budaya Cina cukup tinggi di seni membatiknya. Hewan tersebut di budaya Cina juga merupakan hewan suci sehingga kerap dijadikan motif.

  • Bali

Pulau Dewata juga punya motif membatiknya sendiri dimana dari perpaduan antara adat serta kepercayaan akan dewa-dewa. Beberapa fauna yang biasa dijadikan motif di batik Bali diantaranya burung bangau, rusa dan juga naga yang dekat dengan agama Hindu.

Itulah beberapa daerah yang terkenal akan motif batik di Indonesia. Tentunya batik ini wajib untuk dilestarikan karena memiliki nilai filosofis tinggi dan juga seni yang dimilikinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme