sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Inilah Beberapa Baju Adat Indonesia yang Dikenal Hingga ke Mancanegara

Indonesia merupakan negara yang kaya. Ya, hampir semuanya sudah tahu akan hal ini. Selain potensi pariwisata, kekayaan alam hingga budayanya yang sudah banyak dikenal, baju adat dari Indonesia juga ternyata sangat dikagumi oleh wisatawan dari luar negara. Hal ini lantaran karena keragaman suku dan budayanya menjadikan warisan pakaian adat dari masing-masing suku pun juga beragam. Setiap suku dan daerah hampir pasti memiliki pakaian adatnya sendiri yang memiliki ciri khas unik masing-masing.

Lalu pakaian adat daerah mana saja yang banyak dikenal hingga dunia? Berikut ini ulasannya:

Baca juga: Kegunaan Baju Daerah dan Cara Menyiasatinya Agar Lebih Modis

  • Pakaian adat Aceh

Yang pertama ada pakaian adat asal Aceh yang bernama Ulee Balang. Dulu, pakaian ini hanya dipakai oleh para bangsawan Aceh saja mengingat bahannya begitu mewah dengan adanya sulam emas. Belum lagi adanya hiasan berupa logam mulia yang asli dan desain yang memang membuat pemakainya terlihat lebih berkarisma. Bagi wanita dan laki-laki yang mengenakannya, pakaian ini dilengkapi dengan sarung. Kini pakaian ini banyak digunakan ketika resepsi pernikahan.

  • Pakaian adat Sumatra Utara

Selanjutnya adalah baju adat dari Sumatra Utara dan yang terkenal adalah dari suku Batak. Kain tenun menjadi raja pakaian di suku Batak ini. Bernama kain ulos, bahan ini hampir selalu ada ketika upacara adat dan pesta suku Batak. Untuk baju adatnya pun juga cukup beragam mulai dari Sitolu Tuho Boolean, Situlo Tuho Nagok, Ragi Idup, Sibolang Pamontari dan lainnya.

  • Pakaian adat Lampung

Masyarakat Lampung cukup heterogen dimana sudah banyak terdiri dari ragam lapisan masyarakat. Meski begitu, tetap saja masyarakat asli Lampung bangga akan budayanya sendiri sehingga pakaian adat pun masih tetap dipakai di ragam acara penting. Dengan warna putih dan lengan panjang dihiasi sulaman emas menjadikan pemakainya terlihat semakin anggun.

  • Pakaian adat Sumatra Selatan

Kejayaan Sriwijaya di masa lampau menjadikan pakaian adat dari daerah Sumatra Selatan ini kental dengan kewibawaan. Dengan warna yang merah dan sulaman emas serta mewah menjadikan pakaian adat ini begitu mempesona. Tak hanya itu, aksesorisnya pun begitu cantik dan megah yang menyempurnakan tampilan keseluruhan.

Itulah beberapa baju adat yang banyak dikenal hingga ke mancanegara. Tentu hal ini lantaran keunikan dan kecantikan pakaian adat tersebut. Meski begitu, masih banyak lagi pakaian adat yang ada di Indonesia dan semuanya memiliki keistimewaan dan filosofinya masing-masing. Pakaian adat ini juga bisa jadi identitas suku sehingga tak heran jika pakaian adat adalah simbol kebanggaan. Untuk itulah hingga kini dalam upacara pernikahan hingga acara adat lainnya, berbagai pakaian adat kerapkali dikenakan sehingga tetap lestari dan terjaga eksistensinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme