sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Ini Dia Jenis Ambatik yang Digunakan untuk Membuat Kemeja Batik Pria Kekinian

Di Indonesia, terdapat keberagaman tradisi, suku, bahasa, lagu, bentangan alam dan kebudayaan dan salah satunya adalah batik. Kain batik tidak hanya bisa digunakan oleh wanita namun juga pria misalnya dijadikan kemeja batik pria. Ambatik ini dahulunya umumnya hanya dikenakan oleh para bangsawan atau masyarakat kelas atas namun sekarang sudah bisa digunakan oleh siapa saja bahkan bisa dibeli dengan mudah di toko terdekat atau di toko online dengan harga yang bervariasi.

 Ini Dia Jenis Ambatik yang Digunakan untuk Membuat Kemeja Batik Pria Kekinian

Terdapat beberapa jenis kain batik yang digunakan untuk membuat kemeja batik. Pertama adalah dengan cara tulis. Ambatik tulis ini memiliki harga yang sangat mahal bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini disebabkan karena motif yang tergambar di atas kain yang dipergunakan tersebut 100% merupakan gambaran tangan yang menggunakan canting dan lilin. Butuh konsentrasi yang tinggi saat membatik yang menyebabkan waktu penyelesaian jenis ambatik ini sangat lama sekitar 2 minggu hingga 2 tahun. Hal yang membuat jenis batik ini unik adalah coretan ‘kesalahan’ yang tidak akan terjadi 2 kali jadi jika kemeja pria dari jenis kain batik tulis, maka akan merasa tidak ada yang menyamai.

Kedua adalah ambatik cap. Cap yang digunakan terbuat dari tembaga atau besi yang bermotif. Cara membatiknya adalah dengan mencelupkan cap tersebut ke cairan lilin dan kemudian dicapkan ke lembaran kain yang disiapkan. Jenis batik ini lebih murah dari batik tulis sehingga kemeja batik pria dari batik cap juga akan lebih murah. 

Ketiga adalah ambatik cetak sablon. Jika dibandingkan dengan teknik cap, jenis ambatik ini memiliki kualitas yang lebih rendah. Proses pembuatannya hampir sama dengan ambatik cap yaitu dengan cetakan besar yang bernama plangkan dan rakel seperti untuk sablon kaos. Dibandingkan yang lainnya, cara membatik ini menghasilkan cetakan yang rapi dan mendetail, serta bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat. Namun, karena tidak menggunakan lilin, ambatik ini dianggap memiliki mutu yang rendah dan tentunya harga kain dan baju dari bahan ini, juga akan lebih murah. 

Baca juga artikel menarik lainnya di sketsamode.com

2 jenis kain batik lainnya yang biasanya digunakan untuk membuat kemeja batik pria, yaitu: 

  • Batik print. Banyak yang menganggap jika jenis ambatik ini adalah ambatik imitasi yang tidak mewarisi tingkat kerajinan dari jenis ambatik sebelumnya. Jenis kain ini memiliki harga yang murah yaitu umumnya di bawah Rp 80 ribu hanya untuk kainnya sehingga kerap dipilih untuk masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah.
  • Batik lukis. Jika umumnya ambatik membutuhkan canting dan malam, maka untuk membuat jenis ambatik ini butuh kuas dan cat yang umumnya dipergunakan untuk melukis. Walau jarang ditemukan namun harganya sangat mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme