sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Ini Dia Cara Membuat Air Mawar yang Bisa Kamu Praktikkan

Melakukan perawatan wajah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh wanita. Selain agar memiliki kulit yang sehat, dengan melakukan perawatan, kamu akan terlihat memiliki kulit yang cerah. Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan dalam perawatan adalah bunga dan air mawar. Manfaat air mawar sangat bagus untuk wajah. Salah satunya adalah membuat wajah tampak lebih cerah. Manfaat air mawar ini telah lama dijadikan bahan utama untuk produk kecantikan. Salah satu produk air mawar yang dari dulu hingga sekarang sudah terbukti manfaatnya, misalnya saja Viva kosmetik. Manfaat air mawar Viva untuk wajah bisa kamu rasakan jika kamu rutin menggunakannnya. Air mawar viva ini juga tergolong murah dan sangat mudah didapatkan.

Selain membeli produk air mawar yang sudah jadi, kamu sebenarnya bisa membuatnya sendiri lho. Pada dasarnya, air mawar terbuat dari penyulingan kelopak bunga mawar. Bunga mawar tentunya tidak sulit didapatkan bukan? Kami akan memberi petunjuk cara membuat air mawar yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tentunya, bahan yang perlu kamu siapkan adalah kelopak bunga mawar.
Berikut langkah-langkahnya.

1. Pemilihan Bunga

Dalam memilih bunga mawar, dianjurkan kamu memilih bunga mawar yang segar dan wangi. Kemudian, cuci bersih. Tips yang bisa kamu ikuti adalah pemilihan bunga mawar organik lebih dianjurkan. Artinya, bunga mawar ini ditanam bebas dari pestisida. Selain itu, dianjurkan pula menggunakan jenis mawar yang sejenis karena agar aroma yang dihasilkan tetap sama dan tidak bercampur dengan aroma jenis mawar yang lain.

 

2. Jumlah Kelopak

Setelah bunga mawar kamu dapatkan dan itu merupakan bunga yang dirasa paling baik, kemudian pilih mahkota bunga dan buang sisanya. Mahkota atau kelopak bunga yang bisa kamu gunakan usahakan cukup banyak karena untuk mengisi satu cangkir akan membutuhkan sekitar 4—5 bunga mawar.

 

3. Penambahan Air

Setelah kelopak bunga mawar kamu dapatkan, kemudian masukkan kelopak bunga itu ke dalam panci dan tuanglah air secukupnya hingga tumpukan kelopak mawar tertutupi. Usahakan jangan terlalu banyak airnya ya, guys. Hal ini bisa membuat wangi mawar berkurang. Agar lebih awet dan tahan lama, kamu bisa menambahkan sedikit vodka. Namun hal ini optional saja kok, guys.

 

4. Rebus Mawar

Langkah selanjutnya adalah merebus mawar yang sudah ada dalam panci. Kamu perlu menutup panci terlebih dahulu dan nyalakan kompor dengan api kecil. Tidak perlu sampai mendidih ya, guys. Hal ini akan membuat khasiatnya berkurang. Kamu cuma cukup memanaskannya kurang lebih 20 menit dengan api kecil. Setelah 20 menit, kamu akan melihat warna kelopak bunga mawar menjadi lebih pucat dan air rebusan akan berwarna merah mawar.

 

5. Saring Bunga mawar

Agar kamu hanya mendapatkan air mawarnya saja, kamu perlu menyaring kelopak bunga mawarnya. Tempatkan air saringan dalam wadaah kecil atau botol kaca. Hasil yang akan kamu dapatkan adalah sekitar 500 ml air mawar. Sebenarnya, dari langkah tersebut, penyulingan kelopak mawar sudah jadi dan kamu bisa langsung menggunakan untuk wajah. Namun, agar lebih awet dan tahan lama, kamu bisa menyimpan air mawar tersebut di kulkas. Dengan demikian, air mawar bisa bertahan sekitar 1—2 minggu

 

Nah gimana, guys, mudah banget kan cara membuat air mawar? Dengan membuat sendiri tentunya akan lebih menghemat pengeluaran kamu dan kamu bisa lebih mengontrol bahan apa yang digunakan. Selamat mencoba!

Updated: November 23, 2018 — 8:48 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme