sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Ini Dia 4 Motif Batik yang Sedang Populer Saat Ini

Kalau Anda ingin dan mencoba mengenal kain batik beserta deretan motif batik maka dijamin akan menemukan banyak fakta menarik. Tidak hanya seputar sejarah muncul dan berkembangnya kain batik sejak zaman kerajaan sampai zaman modern sampai sekarang. Akan tetapi mengenal berbagai motif yang berasal dari masing-masing daerah beserta makna yang disimpan di dalam motif-motif khas tersebut. Konon motif kain batik mengisyaratkan kebudayaan daerah asalnya sehingga bisa meneropong kebiasaan, kepercayaan, dan sebagainya dari masyarakat yang mendiami suatu daerah.

Deretan Motif Kain Batik dan Maknanya

Supaya lebih mengenal kain batik maka kenali makna dari setiap motif yang ada, minimal motif yang sangat populer sehingga tidak keliru memakainya ke suatu acara. Berikut adalah deretan motif kain batik yang populer dan penting diketahui maknanya:

  • Motif parang,

Motif satu ini memiliki makna perjuangan sehingga dulunya dikenakan oleh para prajurit maupun kalangan pelajar saat menuntut ilmu. Tidak mengherankan jika motif satu ini juga kerap dipilih oleh lembaga pendidikan untuk dipakai siswa-siswanya. Usahakan jangan dipakai untuk menghadiri resepsi pernikahan karena dilihat dari maknanya malah terkesan menantang mempelai untuk beradu, kecuali di pernikahan mantan.

  • Motif truntum,

Motif satu ini memiliki arti sebagai lambang cinta yang abadi dan sebuah kesetiaan, sehingga sering dipilih sebagai busana mempelai yang melangsungkan pernikahan. Bahkan uniknya motif batik satu ini juga dikenakan oleh keluarga mempelai maupun tamu undangan. Sehingga dengan membaca artikel ini otomatis Anda memperoleh informasi motif kain batik mana yang cocok dipakai ke acara kondangan. Salah satunya adalah motif truntum ini karena dari motifnya saja kita sudah mendoakan yang terbaik bagi mempelai.

  • Motif kawung,

Kawung dalam kain batik memiliki lambang pop patriotic yang menceritakan mengenai asal-muasal manusia atau bisa dikatakan jati diri manusia. Manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang memiliki naluri untuk bergantung dengan orang lain, minimal dengan saudara dan tetangga dekat rumah. dalam istilah jawa motif kawung diberi nama sedulur papat limo pancer yang memiliki arti dan filosofi mendalam. Yakni ketika seorang manusia sukses jasmani dan rohani baiknya tidak lupa akan kebudayaannya sendiri.

  • Motif sido asih,

Motif satu ini merupakan karya istri Sri Sulta Hamengkubuwoni VIII yang kemudian dikenal luas oleh masyarakat di sekitar keraton dan kini di seluruh tanah air. Awalnya motif ini dibuat untuk dipakai oleh mempelai perempuan yang akan menikahi keturunan raja dengan harapan rumah tangga adem ayem, sehingga membawa kebahagiaan abadi hingga maut menjemput keduanya. Motif ini pun kerap dipakai oleh mempelai yang menikah cocok pula dijadikan pilihan untuk menghadiri resepsi pernikahan, sehingga Anda tidak bingung lagi memilih motif batik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme