sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Hal-hal yang Wajib Anda Perhatikan dalam Menentukan Batik Pria Terbaik

Kain batik merupakan salah satu dari banyaknya warisan budaya Indonesia yang wajib untuk selalu dilestarikan. Dahulu batik hanya digunakan oleh beberapa keluarga kerajaan atau keraton saja, tetapi sekarang ini hampir seluruh masyarakat Indonesia bisa mengenakannya dalam ragam model busana. Jika Anda sebagai salah satu pria Indonesia yang tidak mempunyai baju batik pria seharusnya malu dengan para pria luar negeri yang dengan bangganya mengenakan berbagai model batik dari Indonesia. Semakin kesini memang perkembangan batik semakin maju, banyak perubahan atau inovasi yang muncul akibat perkembangan jaman.

Tidak perlu lagi malu mengenakan batik untuk sekarang ini karena modelnya sudah beragam dan dapat dikatakan sangat menyesuaikan dengan jaman. Istimewanya batik terletak pada setiap coraknya yang mengandung filosofi atau nilai sejarah setiap daerah. Dengan semakin banyaknya motif baru batik terkadang membuat para pria semakin kebingungan dalam menentukan. Nah, berikut ini ada beberapa hal wajib yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli baju batik antara lain:

  • Ukuran.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai ukuran yang tepat, ini mengingat beberapa baju batik dipasaran yang sudah jadi dan langsung pakai mempunyai ukuran yang tidak sesuai di badan. Misalnya dari lengan yang terlalu besar, terlalu panjang, ataupun lainnya. Karena untuk pria baju batik yang pas di badan itu lebih terlihat menarik. Apalagi tren sekarang ini yang mengenakan batik dengan dikeluarkan, jadi harus menjadi perhatian sendiri dalam membeli.

  • Bahan.

Semakin kesini memang batik diproduksi dalam berbagai bahan yang berbeda, mulai dari asli sutra yang lembut dan halus sampai dengan katun biasa. Semuanya mempunyai kualitas yang berbeda, begitu pula dengan harga yang ditawarkan. Selain itu batik pria yang cara pembuatannya dengan manual atau tulispun mempunyai harga dan kualitas lebih tinggi dari pada batik cap. Kalau untuk hal ini Anda bisa menyesuaikan dengan budget masing-masing.

  • Warna.

Dari pemilihan warna juga perlu Anda perhatikan, karena bisa dilihat sendiri batik dipasaran mempunyai ragam warna dengan jutaan kombinasi yang menarik. Anda bisa melihat dari tujuan penggunaan, misalnya untuk acara yang santai lebih memilih batik yang cerah dan untuk formal memilih yang kalem atau cenderung gelap.

  • Motif.

Seperti yang telah dijelaskan diatas banyak motif yang dapat Anda temukan pada sebuah batik dan setiap coraknya mempunyai arti. Anda bisa menyesuaikan dengan penggunaan pula, setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan baju batik yang tepat baik untuk acara formal ataupun casual. Sebenarnya menarik atau tidaknya Anda mengenakan baju batik itu tidak terlihat dari harga ataupun proses pembuatannya, tetapi kenyamanan serta kecocokan pada tubuh Anda. Makanya penting memilih batik pria yang tepat dari mulai ukuran, warna, sampai dengan motif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme