Dunia Mode Mengarah ke Jepang dengan Adanya Wabi Sabi
2016 Sep 23 By admin 0 comment

Fashion tak lagi ada batasan bagi siapapun, dimanapun, dan kapanpun di dunia mode saat ini. Wanita maupun pria dapat mengekspresikan diri mereka dengan busana-busana yang telah menggema di dunia. Sekarang ini dunia fashion telah mengkiblatkan diri mengarah kepada Jepang si Negara Macan Asia. Negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia nomor 10 dan sangat canggih dengan kemajuan teknologinya, menjadikan dilirik nya orang-orang yang sadar akan fashion pada saat ini. Gaya busana tradisional Jepang yang disebut dengan kimono dengan teknik wabi sabi menuai perhatian banyak orang.

Teknik wabi sabi adalah istilah dalam bahasa Jepang yang mana mereka dapat menemukan keindahan dalam suatu hal yang tidak sempurna. Hampir kebanyakan orang berpikir bahwa hal yang berantakan, tidak simetris, ataupun tidak sesuai dengan bentuk merupakan suatu hal yang tak indah. Namun di dalam teknik ini, itu merupakan hal yang berkebalikan pada umumnya. Justru orang-orang yang telah memandang ketidak sempurnaan menjadi hal yang tidak penting, sekarang tersadar dengan tren fashion saat ini.

Gaya kimono dengan teknik wabi sabi sekarang berada di urutan teratas dunia mode. Kaum hawa dan kaum adam telah menggunakan pakaian ala kimono dengan bentuk simple namun berdasar teknik ini. Biasanya teknik wabi sabi terlihat atau berada dalam pakaian yang tidak simetris, dengan bahan kain yang kasar, tidak senada, sederhana namun rumit, memiliki kehangatan, dan mempunyai integritas yang dibuat asli dengan maksud penyampaian teknik ini.

Artis-artis dari dalam negeri maupun mancanegara, banyak yang telah memakai busana asli dari Jepang ini. Kimono dengan teknik wabi sabi memang memiliki ciri khas dengan etnik dan bentuk ini. Inilah mengapa gaya busana kimono dapat digunakan oleh berbagai kalangan baik pria maupun wanita. Tak hanya itu, busana kimono ini disukai banyak orang karena dapat dikenakan dengan berbagai keadaan dan kondisi acara. Digunakan dalam acara formal maupun non formal bahkan jalan-jalan. Busana ini tetap apik untuk dikenakan. Artis Indonesia yang telah menyukai gaya kimono ini yaitu Dian Sastro Wardoyo.

Baca juga: Model Baju Artis Hollywood yang Menjadi Baju Terkini Tahun 2016

Dian Sastro yang telah hidup kembali di dalam dunia perfilman dan menjadi bintang dalam film “Ada Apa Dengan Cinta 2”. Merupakan salah satu artis Indonesia yang telah memakai busana kimono sebagai busana favorite ketika berada di dalam acara formal maupun sebaliknya. Ini dapat terlihat di akun instagram pribadinya dan terlihat didalam film yang diperankan olehnya. Nampak bahwa Dian Sastro selalu memakai busana dengan gaya asal Jepang ini.

Style yang dibawa oleh orang-orang, memberikan kesimpulan bahwa mereka dapat bertingkah dengan tomboy maupun feminim. Fleksibilitas busana kimono dengan teknik ini menjadikannya popular, dengan popularitas yang sangat menjulang tinggi. Ini telah di katakan oleh Marc Jacobs sendiri, bahwa “saya selalu menemukan keindahan dalam benda yang kelihatannya aneh dan tidak sempurna.”

Popularitas busana ini telah memperkenalkan kepada dunia mode bahwa Jepang bukan hanya eksis dengan gaya anehnya. Harajuku memang dipandang oleh kebanyakan orang dengan busana yang aneh dan sangat tidak fleksibel. Orang-orang tertentu yang menyukai dan memakai busana harajuku. Orang di dunia ini pun berpikir bahwa hampir dari setengah penduduk Jepang telah berbusana demikian. Walau memang pada nyatanya tidak seperti itu, busana itu telah menuai kontroversi. Namun dengan adanya busana kimono telah meredam kan keingintahuan banyak orang akan busana Jepang yang sangat kancah di belahan dunia (harajuku).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *