sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Desain Baju Terbaru dengan Kombinasi Kain Tradisional

Kesadaran akan betapa kayanya budaya Indonesia membuat para desainer kenamaan tanah air mulai menggali nilai-nilai lokalitas yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Salah satu bentuk implementasi dari kesadaran itu adalah diangkatnya kembali kain-kain tradisional yang semula dipandang rendah atau bahkan sudah terlupakan dan tidak dikenal oleh masyarakat kebanyakan. Kini, mulai bermunculan desain pakaian atau baju terbaru yang memanfaatkan kain-kain tradisional asli Indonesia, seperti kain batik, ulos, songket, hingga tenun ikat. Kain-kain tradisional itu dimanfaatkan sebagai kombinasi atau bahkan dijadikan bahan utama pembuatan pakaian terbaru yang dipadukan dengan bahan-bahan modern dan desain-desain modern yang trendy, sehingga memberikan kesan elegan sekaligus eksotis. Kombinasi kain tradisional pada desain pakaian-pakaian terbaru tersebut tidak hanya menyasar orang tua atau orang dewasa saja, melainkan juga menyasar para anak muda, remaja, bahkan hingga anak-anak. Berikut ini adalah ulasan mengenai desain pakaian yang mengandalkan kain tradisional.

Kebaya dan Dress Batik Modern

Dress merupakan pakaian wanita yang didesain untuk acara-acara formal. Beberapa contoh pemanfaatan kain tradisional pada dress modern adalah kebaya dan dress batik yang kini menjadi model baju terbaru paling diminati di pasaran. Kebaya yang umumnya mengandalkan bahan songket, kini juga diproduksi dengan mengandalkan bahan batik atau kombinasi batik. Kini semakin banyak kebaya batik yang dijual di pasaran dengan model-model terbaru, dengan sentuhan desain modern yang sangat cocok digunakan oleh anak muda, sehingga kini remaja puteri tidak perlu malu lagi ketika harus menggunakan kebaya.

Baca juga: Model Baju Terbaru Bergaya Tunik

Selain kebaya, kini semakin banyak dress yang diproduksi dengan mengandalkan bahan batik, baik sebagai bahan dominan maupun sebagai bahan hiasan atau kombinasi. Dress yang memanfaatkan batik biasanya didesain dengan kombinasi satu hingga tiga motif kain, mulai dari kain flat satu warna yang biasanya berbahan katun hingga kombinasi kain batik dengan dua motif dan warna yang berbeda, sehingga tampilan dress batik tersebut lebih berwarna, terlihat hidup, juga tidak monoton.

Rok dan Bawahan Berbahan Kain Songket

Kain songket merupakan kain khas Indonesia yang akhir-akhir ini juga mulai dimanfaatkan sebagai bahan dan motif kombinasi pakaian modern, khususnya sebagai bawahan, berupa rok atau untuk bawahan dari atasan baju model kebaya. Kain songket yang proses produksinya dibuat sangat hati-hati ini merupakan salah satu kain dengan daya tarik dan daya jual yang tinggi karena kualitas kain dan tampilannya yang memang unggul dan memberi kesan ekslusif. Tekstur kain songket yang timbul dengan adanya pola corak yang didesain dengan cara ditumpang membuat kain ini terlihat sangat hidup dan elegan. Jika dulu kain songket hanya dimanfaatkan sebagai bawahan dengan cara pemakaian dililit, kini mulai banyak rok dan model bawahan lain yang memanfaatkan kain songket, dengan model lebih modern sebagaimana rok-rok kebanyakan. Selain dimanfaatkan sebagai bahan membuat bawahan dan rok, kain songket akhir-akhir ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan blus panjang, yang cocok dikenakan pada acara-acara formal.

Itulah beberapa contoh pemanfaatan kain-kain tradisional asli Indonesia sebagai bahan pembuatan baju terbaru. Sudah waktunya kain Indonesia diangkat dan diperkenalkan ke khalayak yang lebih luas agar semakin banyak orang yang sadar bahwa Indonesia memiliki kain tradisional yang sangat berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme