sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Deretan Baju Adat yang Masih Eksis dan Semakin Populer Dikalangan Masyarakat

Jika berbicara mengenai Indonesia belum sah kalau tidak membicarakan mengenai kekayaan budaya dan adat yang dimilikinya. Salah satu yang menjadi ciri khas utama adalah pada baju adat yang digunakan pada setiap sukunya. Hal inilah yang menjadi pembeda antara negara Indonesia dengan negara-negara lainnya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis baju tradisional yang masih eksis bahkan semakin populer ditengah perkembangan fashion seperti saat ini. Bagi Anda yang penasaran harus menyimak ulasan-ulasan pada artikel ini.

Deretan Baju Adat yang Masih Eksis dan Semakin Populer Dikalangan Masyarakat

Pakaian tradisional memang tidak digunakan dalam keseharian tetapi masih dipakai dalam beberapa moment penting dalam suatu daerah. Berikut ini ada beberapa jenis pakaian adat yang ada di negara Indonesia, antara lain:

  • Pakaian adat Yogyakarta.

Bagi Anda yang telah mengenal kota yang dijuluki sebagai kota gudeg ini pasti tidak asing lagi dengan busana adat daerah setempat. Yogyakarta merupakan kota yang menyimpan beragam baju tradisional. Tetapi secara keseluruhan hanya ada beberapa yang masih eksis seperti sorjan, kain batik, blangkon, dan juga kebaya untuk perempuan.

  • Pakaian adat Jakarta.

Ditengah perkembangan jaman yang merubah segala bentuk tren terutama di daerah ibukota seperti Jakarta. Ternyata hal itu tidak menghilangkan keaslian dari budaya setempat, terbukti masih ada saja baju adat yang dikenakan oleh masyarakat pada moment-moment tertentu. Tidak berbeda dengan lainnya, Betawi juga menyimpan banyak busana tetapi yang paling dikenal adalah baju pengantin yang dikenal dengan dandanan care haji dan care none atau penganten Chine.

  • Pakaian adat Sumatera.

Jika berbicara mengenai Sumatera pasti banyak sekali suku yang tinggal pada wilayah tersebut, tidak heran jika baju tradisional yang dikenakan juga beragam. Tetapi secara keseluruhan hampir sama, seperti kain ulos atau tenun khas batak salah satunya. Lalu dari Sumatera bagian selatan juga terdapat baju berbeda yang disebut dengan aesan gede dan easan pasangko yang dahulu sering digunakan oleh para raja dan pembesarnya.

  • Pakaian adat Aceh

Pernah mendengar jenis pakaian ulee baling? Ya, itu merupakan salah satu pakaian yang sampai sekarang dikenal baik pada masyarakat Aceh. Pakaian yang digunakan oleh pria dan wanita mempunyai nama yang berbeda, dalam beberapa acara adat seperti pernikahan ataupun lainnya masih sering digunakan oleh masyarakat Aceh.

Baca juga Inilah Macam Baju Adat Betawi dan Aksesoris Pendukungnya yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa jenis pakaian tradisional yang masih eksis dan bahkan dikenal diseluruh wilayah negara sampai saat ini. Secara keseluruhan semua suku atau wilayah yang ada di Indonesia itu sama saja yaitu mempunyai baju adat masing-masing. Namun memang tidak semuanya bisa eksis atau semakin populer ditengah banyaknya perkembangan fashion seperti sekarang ini. Jadi hanya ada beberapa saja yang masih digunakan dengan baik dan dikenal secara nasional ataupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme