sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Data dan Fakta Tentang Cosplay Unik

Cosplay atau costume play merupakan salah satu trend atau gaya berbusana yang muncul di Jepang. Gaya berbusana yang satu adalah berdandan atau berpakaian dengan meniru karakter/ tokoh anime atau superhero, terutama superhero khas Jepang. Saat ini, cosplay berkembang menjadi trend di kalangan anak muda, bahkan berkembang menjadi hobi dengan penggemar yang banyak. Bahkan, terdapat berbagai kontes dan ajang pertemuan para cosplayer yang digelar di berbagai kota di dunia. Salah satu pagelaran cosplay yang cukup bergengsi di dunia digelar setiap tahun di Jepang, yaitu acara bertajuk World Cosplay Summit. Berikut ini akan dibahas mengenai data dan fakta tentang cosplay unik di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Cosplay Unik dengan Biaya Minim

Cosplayer Indonesia Diakui di Kejuaraan Dunia

Meskipun terkesan sebagai hobi aneh, cosplay sebenarnya bisa menghasilkan uang, baik dengan tampil di berbagai acara hiburan, hingga mengikuti kejuaraan cosplay yang menawarkan hadiah uang yang lumayan besar. Yang unik dan menarik, ternyata cosplayer Indonesia termasuk dalam jajaran cosplayer yang cukup diakui eksistensinya di dunia.

Pada tahun 2012, misalnya, dalam ajang World Cosplay Summit, cosplayer Indonesia berhasil menyabet juara ke-3. Tidak hanya sekali, pada tahun 2014 di ajang yang sama, cosplayer asal Indonesia kembali menyabet juara 3. Salah satu keunggulan dari pesarta asal Indonesia adalah inovasi dalam hal penmanfaatan bahan atau material costum, misalnya dari barang bekas pakai atau barang daur ulang, sehingga costum mereka dianggap sebagai cosplay unik.

Tokoh/ Karakter Anime yang Paling Populer di Mata Cosplayer

Terdapat ratusan karakter atau tokoh anime yang muncul di layar kaca yang dapat dijadikan sebagai inspirasi ketika akan mendesain sebuah costume play. Namun ternyata, terdapat beberapa karakter paling populer yang penampilannya paling sering diadopsi oleh para cosplayer. Karakter anime tersebut di antaranya adalah: Naruto, anime yang satu ini merupakan karakter yang sangat populer, sebab dalam Naruto terdapat banyak sekali karakter, sehingga dapat diperankan secara grup, mulai dari Naruto, Sakura, Hinata, Sasuke, dll. Namun yang paling sering diperankan tentu saja adalah Kakashi Sensei.

Cosplay Paling Mahal di Dunia

Membuat costume play bagi orang-orang yang kreatif memang tidak perlu mengeluarkan dana yang besar, sebab semuanya tergantung dari kreatifitas cosplayer masing-masing. Namun, terdapat juga di antara kalangan cosplayer yang rela mengeluarkan beaya yang sangat besar demi dapat tampil dengan totalitas dalam memerankan karakter atau tokoh yang disukainya. Thomas De Petrillio, salah satu cosplayer yang sangat populer di media sosial sebab sering tampil memberikan tips bagi para coslpayer, membuat cosplay transformer dengan ukuran setinggi hampir 2,5 meter. Kostum tersebut konon dibuat dengan menghabiskan beaya mencapai 1000 dollar dan dirancang selama enam bulan. Tidak heran jika cosplay unik tersebut menjadi salah satu cosplay paling mahal di dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme