sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Cari Tahu Penyebab Ketombe Berkerak dan Cara Mengatasinya

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling mengganggu. Selain menyebabkan rasa gatal, ketombe bisa mengganggu penampilanmu. Kamu tentu tak mau, kan, terlihat tak terawat hanya karena ketombe? Apalagi kalau kamu sampai punya ketomber berkerak. Duh, jangan sampai, ya. Tapi, masalah ketombe berkerak memang bisa dialami siapa saja di berbagai usia. Kalau kamu tak ingin mengalami ketombe berkerak, kamu perlu cari tahu penyebab ketombe berkerak di sini. Kalau kamu punya ketombe berkerak, kamu bisa pelajari cara mudah mengatasinya.

 

Infeksi kulit kepala

Salah satu penyebab ketombe berkerak yang paling banyak dialami adalah infeksi kulit kepala. Infeksi kulit kepala ini di dunia kedokteran dikenal dengan nama Dermatitis Seboroik yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa faktor umum yang bisa menyebabkan ketombe berkerak karena infeksi kulit kepala ini adalah menderita penyakit tertentu, seperti jantung, gangguan saraf atau Parkinson, dan diabetes. Selain itu, virus yang membuat turunnya daya tahan tubuh seperti HIV juga bisa menjadi penyebab infeksi kulit kepala yang menyebabkan ketombe berkerak.

 

Stres

Ternyata, stres juga bisa memicu timbulnya ketombe berkerak. Kenapa? Karena orang yang stres kulit kepalanya akan mudah berkeringat sehingga menjadi tempat yang ideal bagi jamur Malassezia untuk tumbuh. Ditambah lagi, saat stres, hormon yang menghasilkan sebum atau minyak alami kuilt juga menjadi lebih tinggi. Ketidakseimbangan hormon ini membuat kulit kepalamu menghasilkan lebih banyak sebum dan membuat jamur Malassezia yang merupakan jamur pengurai minyak tumbuh subur. Akibatnya, kulit kepalamu akan terkelupas dan jadilah ketombe berkerak.

 

Pertumbuhan jamur di kulit kepala

Jamur tak hanya bisa tumbuh di bagian kulit yang sering dipakai beraktivitas, seperti tangan dan kaki. Jamur juga bisa hinggap di kulit kepala. Jamur Malassezia adalah jamur yang biasa tumbuh di kulit kepala dan menyebabkan ketombe berkerak. Efek pertumbuhan jamur ini, kulit kepala akan terasa gatal dan kering sampai akhirnya menjadi berkerak. Selain itu, ada juga kondisi yang dinamakan tinea capitis, yaitu kondisi kulit kepala yang terkena infeksi jamur. Jika mengalaminya, kulit kepala kamu akan terkelupas dan botak dengan area yang berbentuk lingkaran, lalu akan muncul kerak putih di sekelilingnya.

 

Tidak menjaga kebersihan rambut

Kalau kamu jarang keramas, jangan heran kepalamu dipenuhi ketombe berkerak. Keramas bisa membuang minyak berlebih di kulit kepala sehingga kulit kepalamu tetap lembap tanpa minyak berlebih. Tapi, keramas juga bisa menjadi penyebab ketombe jika kamu tidak bersih membilas sisa sampo dan conditioner di rambut kamu. Sisa sampo dan conditioner di rambut bisa memicu kulit kepala menghasilkan minyak berlebih sehingga bisa menjadi penyebab munculnya kerak yang gatal.

 

Penanganan Ketombe Berkerak

Melihat semua faktor penyebab ketombe berkerak tersebut, cara mengatasinya salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kulit kepala. Jika kulit kepala kamu bersih, jamur yang bisa jadi penyebab ketomber juga tak akan bisa bersarang. Kamu bisa keramas setiap hari dengan sampo yang mengandung bahan pembunuh jamur.

Selanjutnya, jangan menggunakan penutup kepala seperti topi dan helm terlalu lama. Dan ingat untuk selalu mencuci sprei, bantal, guling, serta topi dan hel, secara rutin agar tidak menjadi tempat bersarangnya jamur yang bisa menyebabkan ketombe.

 

 

Dengan mengetahui penyebab timbulnya ketombe berkerak, kamu jadi bisa mengatasinya dengan cepat. Nah, mau tahu cara ampuh hilangkan ketombe tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya di salon? Kamu bisa lihat di sini.

 

Sumber gambar: https://jonssonprotein.com.sg/2017/08/03/causes-of-dandruff-myths-debunked/

Updated: October 13, 2018 — 11:28 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme