sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Tepat Agar Awet

Memiliki dan menggunakan sepatu berbahan kulit merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, yang tentunya banyak dilakukan oleh berbagai kalangan di Indonesia. Sepatu ini selain dapat memberikan kesan elegan bagi para penggunaannya, juga dapat menambah nilai pesona tersendiri dalam fashion yang digunakan didalamnya. Namun tahukah Anda, jika tidak dirawat dengan baik sepatu berbahan kulit inipun dapat mengalami kerusakan pada bagian permukaannya. Timbulnya tekstur pecah-pecah dan warna kusam merupakan keluhan yang sering diutarakan oleh mereka para pemilik dan pengguna sepatu berbahan dasar kulit tersebut. Bagi Anda yang memang gemar menggunakan sepatu kulit, berikut ini tips perawatan yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam merawat sepatu tersebut.

 Cara Merawat Sepatu Kulit dengan Tepat Agar Awet

Untuk menjaga tingkat keawetan dari sepatu serta tekstur dari sepatu berbahan kulit tersebut, sistem penyimpanan sepatu memiliki peran yang sangat penting didalamnya. Sebaiknya hindari menyimpan sepatu didalam box sepatu, karena hal tersebut nantinya akan memberikan dampak kelembaban pada sepatu berbahan dasar kulit tersebut. Simpanlah sepatu di rak sepatu yang memang memiliki sistem sirkulasi udara yang terjaga dengan baik, agar tidak terjadi kelembaban pada sepatu tersebut. Kelembaban pada sepatu juga dapat mengakibatkan timbulnya jamur pada permukaan sepatu tersebut. 

Tips perawatan sepatu kulit lainnya yang mungkin juga harus Anda perhatikan dengan baik, antara lain adalah:

  • Jika sepatu Anda basah ataupun terkena percikan air, sebaiknya segera keringkan sepatu dengan menggunakan kertas ataupun kain bertekstur lembut seperti kain microfiber. Hindari mengeringkan sepatu dengan hair dryer ataupun alat lainnya karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada permukaan sepatu.
  • Untuk membersihkan sepatu yang kotor pada bagian permukaannya, sebaiknya Anda menggunakan kain microfiber yang telah dicelupkan pada air hangat, kemudian usapkan secara perlahan hingga bersih. Keringkan sepatu yang telah dibersihkan tersebut dengan cara diangin-anginkan saja, dan jangan dijemur dibawah permukaan sinar matahari secara langsung.

Jika dalam jangka waktu yang cukup lama sepatu tidak akan digunakan, maka akan disarankan bagi Anda pemilik sepatu berbahan dasar kulit, untuk memberikan ganjal sepatu bagian dalam yang berbahan kayu. Ganjal ini selain berfungsi sebagai penyangga permukaan sepatu agar tetap terjaga, ganjal juga memiliki fungsi menyerap kelembaban pada bagian dalam sepatu tersebut. 

 Baca juga artikel menarik lainnya di sketsamode.com

Mengingat tekstur permukaan sepatu berbahan kulit cepat mongering, maka akan dianjurkan bagi Anda untuk mengusapkan conditioner khusus untuk sepatu berbahan kulit setiap 2 minggu sekali, demi menjaga kelembaban pada permukaan sepatu. Gunakan semir khusus sepatu kulit, yang hanya memberikan efek mengkilau pada bagian permukaan sepatu, tanpa harus membuat sepatu menyerap semir cair tersebut, dimana hal ini biasanya akan membuat tekstur pada bahan kulit menjadi cepat longgar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme