sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Cara Merawat dan Menyimpan Sepatu Kulit Agar Mengkilap dan Awet

Memiliki sepasang sepatu kesayangan seringkali membuat seseorang sering menggunakannya kemanapun dan untuk tujuan apapun. Sayangnya tak semua sepatu memiliki ketahanan yang sama di berbagai macam kondisi. Berbeda bahan pembuat sepatu dan kualitas jahitan akan membuat keawetan sepatu ada yang tahan lama dan ada juga yang cepat mengalami kerusakan. Salah satu jenis sepatu yang banyak digunakan saat ini adalah sepatu kulit yang bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Sepatu ini umumnya memiliki harga yang lebih mahal karena dibuat dari kulit binatang atau kulit sintetis yang lebih sukar diproduksi. Karenanya keawetan sepatu ini menjadi hal yang diperlukan agar pemiliknya bisa menggunakan sepatu lebih lama.

Cara Merawat dan Menyimpan Sepatu Kulit Agar Mengkilap dan Awet

Untuk menjadikan sepatu berbahan kulit Anda tahan lama sehingga Anda tak perlu terlalu sering membeli sepatu baru, berikut ini adalah cara merawat dan menyimpan sepatu yang perlu Anda lakukan:

  • Membersihkan sepatu.

Kebersihan sepatu sangat erat kaitannya dengan kondisi sepatu dan ketahanannya. Untuk sepatu berbahan kulit, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kain khusus berbahan flannel yang gunanya mengangkat debu dengan lebih baik.

  • Semir sepatu.

Sepatu kulit akan lebih menarik jika memiliki kilau sehingga terlihat bersih dan eye catching. Untuk mendapatkannya Anda bisa menyemir sepatu secara berkala dengan semir sepatu yang sesuai dengan warna kulit. Cara semir sepatu yang benar adalah dengan minyak semir khusus lalu di gosok perlahan menggunakan sikat halus. Keringkan hingga benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Semir sepatu akan memberikan kilau sekaligus menjaga permukaan bahan kulit agar tak mudah rusak akibat cuaca ataupun goresan.

  • Penggunaan.

Meski Anda sangat suka menggunakan sepatu tersebut setiap harinya, namun ada baiknya memilih jenis kegiatan yang akan dihadiri dengan sepatu berbahan kulit. Hindari menggunakan sepatu di area basah dan licin. Selain bahan atasnya, Anda juga perlu melihat bagian bawah atau sol sepatu untuk menentukan di area mana sepatu tersebut bisa digunakan dengan baik.

Baca juga: Cara Memilih Sepatu Boots Yang Aman

  • Cara penyimpanan.

Cara penyimpanan yang benar akan membuat sepatu Anda selalu tampak baru. Menyimpan sepatu berbahan kulit terbaik adalah dengan cara menaruhnya kembali di dalam kotak jika perlu dengan menyelubungkan kain atau kertas terlebih dahulu untuk menutupi permukaan sepatu. Sebelum disimpan pastikan sepatu dalam kondisi bersih termasuk bagian sol sepatu. Simpan kotak dengan baik sehingga terhindar dari debu dan panas matahari langsung.

Itulah cara-cara merawat dan menyimpan sepatu kulit agar sepatu kesayangan Anda selalu tampak baru dan awet dipakai hingga waktu yang lama. Sepatu berbahan kulit pada dasarnya memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya sehingga Anda hanya perlu mengoptimalkan cara perawatan dan penyimpanan untuk menjaga keawetannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme